Penerapan Kebijakan Toleransi di Masyarakat, Antarkan Ibnu Sina Raih Penghargaan Sebagai Indeks Kota Toleran

 hallobanua.com, BANJARMASIN - Kota Banjarmasin menjadi kota pertama di Indonesia yang memiliki Perda No 4 tahun 2023, tentang Penyelenggaraan Toleransi Kehidupan Bermasyarakat. 

Sejak disahkannya Perda tersebut pada 24 Maret 2023 lalu bersama DPRD Kota Banjarmasin, menurut Wali Kota H Ibnu Sina tentu menjadi pedoman dan strategi Pemko Banjarmasin dalam menjaga dan mengembangkan kesadaran bertoleransi antar agama, suku bangsa dan budaya.

Tak heran jika Pemko Banjarmasin dibawah kepemimpinan Ibnu Sina-Arifin Noor, perda tersebut mengantarkan Kota Banjarmasin meraih award sebagai kota toleransi.

Melalui Setara Institute for Democracy and Peace memberikan kepada Kota Banjarmasin atas raihan Indeks Kota Toleran (IKT) 2023.

"Ini bermula dari amanat deklarasi pada Festival HAM di tahun 2020, saar itu covid, yang diadakan di Banjarmasin. Dengan disahkannya Perda nomor 4 tentang Penyelenggaraan Toleransi Kehidupan Bermasyarakat ini, setidaknya kita bersama seluruh masyarakat dan stakehokder lainnya berkewajiban untuk menjaga kesadaran bertoleransi antar agama, suku bangsa dan budaya," terang Wali Kota Ibnu Sina kepada hallobanua.com, Rabu (31/01/2024).

Raihan penghargaan itu menurut Ibnu Sina menjadi perhatian serius dan komitmen bagi Pemko Banjarmasin untuk terus melakukan penanganan preventif maupun penanganan pada saat terjadi konflik hingga pasca konflik. 

"Selain itu melalui asas kemanusiaan, asas non diskriminatif, asas kekeluargaan dan asas kearifan lokal masyarakat Banjar (adat badamai dalam masyarakat Banjar sesuai UU Sultan Adam Al Wasiqbillah), turut menjadi upaya bagi kita semua untuk dapat menciptakan ketoleransian," timpal Wali Kota Ibnu Sina.

Sementara itu, Kepala Badan Kesbangpol Kota Banjarmasin, Dr Lukman Fadlun, mengatakan Banjarmasin juga berhasil memasukkan Kota Banjarmasin sebagai Kota HAM Dunia yang berpusat di Gwengjou Korsel di tahun 2022 yang lalu.

Sekedar diketahui, Setara Institute IKT ke 7 thn 2024 ini sudah dilaksanakan sejak tahun 2015, 2017, 2018, 2020, 2021 dan 2022. 

Sementara, dalam acara penyerahan Launching dan Penghargaan Kota Toleran di Jakarta, Selasa (30/01/2024) kemarin, acara di buka oleh Mendagri diwakili Dirjen Polkum Togap Simangunsong. 

Indeks Kota Toleran (IKT) diukur dengan 3 penopang ekosistem toleransi (kepemimpinan politik/wali kota, kepemimpinan sosial, kepemimpinan birokrasi). 

Di peringkat ke 1 masih bertahan Kota Singkawang dan seterusnya Kota Bekasi, Salatiga, Manado, Semarang, Magelang, Kediri, Sukabumi, Kupang, Surakarta.

Meskipun Kota Banjarmasin tidak masuk dalam 10 besar, namun atas dukungan Forkopimda Kota Banjarmasin, FKUB dan warga kota, Banjarmasin berada diurutan ke 13, dengan mendapatkan penghargaan kategori khusus, atas Kebijakan Toleransi Terbaik yang dilakukan oleh Wali Kota Banjarmasin.

Sementara, untuk kategori kepemimpinan toleransi terbaik diraih okeh Wali Kota Bogor.

Penulis maisuri & rian akhmad
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya