Penyandang Disabilitas Turut Jadi Perhatian KPU Banjarmasin di Pemilu Serentak 2024

hallobanua.com, BANJARMASIN - Penyandang disabilitas turut menjadi perhatian Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarmasin dalam pemilihan serentak tahun 2024 ini.

Ketua KPU Kota Banjarmasin, Rusnailah pun ingin nantinya Tempat Pemungutan Suara (TPS) akan disiapkan sedemikian rupa untuk memudahkan penyandang disabilitas.

"Jadi nanti TPS-nya jangan memilih yang ada gundukan lah, karena disabilitas itu tergantung juga dia dimana mau mendaftar," ungkap Rusnailah.

Meski begitu, Rusnailah berjanji jika pihaknya terus berupaya memberikan fasilitas pelayanan tiap TPS untuk penyandang disabilitas.

"Begitu juga dengan yang tunanetra ya, 1 TPS itu ada 1 alat braile untuk mereka bisa memilih. Tapi sekali lagi itu, hanya surat suara DPD dan Presiden," ujarnya.

"Dan ada juga penerjemah bahasa untuk surat suara selain 2 tadi," sambungnya.

Kemudian, nantinya pasti ada pendampingan dari petugas di TPS untuk penyandang disabilitan untuk melakukan pencoblosan.

Sementara itu, Fahrurrazi, salah satu warga penyandang disabilitas yang mengikuti simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara serta Penggunaan Sirekap dalam rangka Persiapan Pemilu Serentak Tahun 2024, di Halaman Taman Budaya Kalimantan Selatan, pada Selasa (23/01/2024) pagi tadi mengaku, jika pelaksanaan simulasi pemilu sejauh ini sudah cukup memadai.

"Alhmadulillah semua sudah cukup. Yang jadi catatan paling akses yang dijangkau dari kami menuju ke TPS," ungkapnya.

Dirinya mewakili pihak disabilitas pun berharap, kedepannya KPU dapat melakukan peningkatan pelayanan, khususnya bagi penyandang disabilitas.

"Agar bisa mencakup keseluruhan disabilitas di Banjarmasin," tuntas warga Pelambuan, Kecamatan Banjarmasin Barat itu.

Penulis : rian akhmad
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya