Ibnu Sina Apresiasi Keberhasilan Petani Panen Bibit Mekongga 2 Kali

hallobanua.com, BANJARMASIN - Keberhasilan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Karya Bersama di Kelurahan Sungai Lulut, Kecamatan Banjarmasin Timur melakukan panen pada padi varietas unggul Mekongga, diapresiasi Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina.

Sebelumnya para petani menanam bibit unggul mekongga sebanyal 2 hektare selama 4 bulan, mulai dari tanggal 23 November 2023.

Kemudian berhasil panen ubinan mencapai 2,8 kg per ubinan yang setara dengan produktivitas mencapai 4,48 ton per hektare. 

Menurutnya hal ini merupakan keberhasilan dari demplot padi percontohan percepatan tanam yang bisa diaplikasikan ke masyarakat.

"Kalau misal stok pangan kita bagus dan berhasil di lahan produktif kita, bisa menjadi penyangga pangan Kota Banjarmasin," ungkap Ibnu Sina, Rabu (28/02/2024).


Tak hanya itu, keberhasilan tanam panen bibit unggul itu bisa mencegah inflasi di Kota Seribu Sungai.

"Terutama di makanan pokok kita seperti beras. Sehingga lahan produktif kita tidak dipakai semua untuk pemukiman, tapi juga untuk pertanian," tuturnya.

Sesuai ketentuan, Kota Banjarmasin memiliki lahan dengan luas 5 hektare dan kerjasamakan dengan masyarakat dengan luas 20 hektare. Lahan tersebut diuji cobakan tanam 2 kali setahun.

"Lahan masih tersisa untuk kita ini yakni di Selatan dan Timur aja, luasan 2.700 hektare lahan pertanian itu, 1.700 nya di selatan, sisanya di timur. Saya kira itu bisa dimanfaatkan melakukan penanaman dibantu bibitnya dari Pemko dan masyarakat yang menanam dan merawatnya. Mudah-mudahan bisa jadi lumbung pangan kita juga," tutup Ibnu.

Penulis : rian akhmad
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya