Lengkapi Fasilitas Publik di Banjarmasin, Wali Kota Ibnu Sina Resmikan 3 RTH Baru

hallobanua.com, BANJARMASIN - Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina kembali meresmikan fasilitas umum berupa taman untuk masyarakat Kota Banjarmasin pada Kamis (15/02/2024) pagi, di kawasan Sungai Andai.

Didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Banjarmasin, Ikhsan Budiman dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Banjarmasin, Alive Yoesfah Love, setidaknya ada 3 taman yang diresmikan oleh orang nomor satu di Kota Baiman itu. 

Pertama, Taman Kemiri Sungai Andai, Taman Patih Masih tepatnya berada di bawah Jembatan HKSN dan Taman Jahri Saleh.

Dalam kesempatan itu, Ibnu mengatakan, hadirnya taman tersebut merupakan upaya pemerintah menghadirkan ruang publik yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

"Kita buka yakni 3 taman dengan konsep Ruang Terbuka Hijau (RTH). Silakan dimanfaatkan untuk interaksi masyarakat," ungkap Ibnu usai peresmian, Kamis  (15/02/2024).

Tak hanya itu, hadirnya RTH tentu sebagai tempat melakukan berbagai aktifitas sosial, seperti berkumpul bersama penghuni atau warga yang lain. Kemudian, juga sebagai media untuk mengajari anak. 

Taman juga dapat digunakan untuk menanamkan rasa cinta terhadap alam dan tanaman kepada anak.

"Jadi tanaman itu bisa dikasih nama, agar menjadi edukasi bagi masyarakat. Apalagi di sini ada tanaman khas yang perlu dilestarikan yaitu pohon Emas Intan, yakni pohon khas Sungai Biuku," jelasnya.

Disamping itu, Ibnu juga mengatakan bahwa  akses sungai yang ada di sana sudah sangat refresentatif.

Misalnya dari Sungai Trantang bisa masuk ke Sungai Andai dan bahkan sampai ke Sungai Alayung.

"Ini sungai Alayung sudah dirawat dan dijaga oleh warga semua dan tim maharagu sungai dan satgas kebersihan binaan LH, agar bisa hidup dan dijaga," bebernya.

"Karena akses saat majelis di Ar Raudhah ini, masyarakat bisa menggunakan jalur sungai ini. Sehingga bisa mengurangi kemacetan dan kepadatan lalu lintas yang ada di darat," sambungnya.

Ia pun meminta masyarakat dan warga sekitar agar merawat dan menjaga RTH tersebut.

"Agar jadi tempat yang nyaman, dan jangan sampai adanya taman dibuat untuk orang-orang tidak karuan, jadi jangan sampai terjadi," pungkasnya.

Dalam kesempaatn itu, Ibnu Sina bersama Kepala DLH Banjarmasin turut menyerahkan Kendaraan Roda Tiga dari DLH bertempat di jalan Sungai Andai Komplek Kemiri VII.

Penulis : rian akhmad
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya