Seminar Awam di WCD, Ibnu Sina : Ini Cara Deteksi Dini Pengidap Kanker

hallobanua.com, BANJARMASIN - Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Kota Banjarmasin menggelar Seminar Awam Kanker dalam rangka World Cancer Day (WCD) 2024 di Galaxy Hotel, Sabtu, (24/02/2024) pagi.

Kegiatan dihadiri langsung Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina bersama Ketua YKI Kota Banjarmasin, Hj Siti Wasilah dan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Banjarmasin, Tabiun Huda.

Tak hanya itu, Ketua YKI pusat beserta pengurus juga hadir meramaikan peringatan hari kanker sedunia yang dilaksanakan nasional di Kota Baiman ini.

Menurut Ibnu Sina, seminar awam ini digelar untuk masyarakat umum di Banjarmasin, agar lebih mengetahui bagaimana upaya pemerintah mencegah terjadinya kanker.

"Kalaupun sudah terjadi, kita tahu apa yang harus dilakukan. Kanker itu apabila ditemukan dalam stadium tinggi, itu masih bisa sembuh," ungkap Ibnu Sina, Sabtu (24/02/2024).

Namun, saat ini kata dia marak ditemukan pengidap kanker dengan stadium lanjut. Lantas, dengan seminar ini dapat memberikan informasi serta deteksi dini pengidap kanker.

"Sebenarnya banyak cara. Bisa dengan alat canggih, bisa vaksin dan lainnya. Oleh karena itu, kesadaran untuk dilakukan bersama inilah yang harus dilakukan bersama," tuturnya.

Tak hanya itu, dirinya juga turut berterima kasih kepada para penyintas kanker, yang terus memberi dukungan kepada para pengidap yang dirawat di rumah sakit di Kota Seribu Sungai ini.

"Bahkan kadang mereka datang ke rumah sakit memberikan dukungan kepada para pasien yang kesulitan dalam berurusan dan tidak mampu," jelasnya.

Oleh karena itu, Ibnu pun berharap, para penderita kanker terus bisa diberikan akses pelayanan kesehatan, khususnya di Kalsel.

Penulis : rian akhmad
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya