Capai Sesuai Target, TMMD ke-119 Resmi Berakhir

hallobanua.com, BANJARMASIN - Pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-119 Kodim 1007/Banjarmasin di kawasan Kampung Sungai Lukut Dalam, Kelurahan Sungai Lulut, Kecamatan Banjarmasin Timur resmi berakhir.

Upacara penutupannya pun dilaksanakan di halaman KCM Banjarmasin pada Rabu, (20/03/2024), dihadiri langsung Kapok Sahli Kodam VI/Mulawarman, Brigjen TNI Drs. Yuswndi, M.M, Wakil Wali Kota Banjarmasin, Arifin Noor serta Dandim 1007/Banjarmasi, Dandim 1007/ Banjarmasin, Kolonel Inf. Arman Aris Sallo.

Dalam sambutannya, Brigjen TNI Drs Yuswndi mengatakan, Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-119 merupakan Operasi Bhakti TNI dalam rangka meningkatkan kesejahteraan rakyat yang dilaksanakan secara lintas sektoral dengan melibatkan Pemda, Polri dan Instansi terkait lainnya serta masyarakat setempat. 

"Tujuan dilaksanakannya TMMD adalah untuk membantu pemerintah daerah guna meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah dalam membangun insfrastruktur serta membuka daerah yang terisolir guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan kehidupan berbangsa maupun bernegara dalam rangka kepentingan pertahanan serta tetap terpeliharanya Kemanunggalan TNI- Rakyat," ujarnya, Rabu (20/03/2024).

Menurutnya, semangat kebersamaan seperti inilah yang sebenarnya merupakan hakikat dari Kemanunggalan TNI dengan rakyat, yang merupakan roh perjuangan bangsa dan akan terus kita bangun serta pelihara.

"Kemanunggalan ini merupakan aktualisasi peran TNI dalam mewujudkan seluruh potensi wilayah dan masyarakat sebagai pendorong kemajuan bangsa, yang bermuara pada terbentuknya kekuatan pertahanan nasional yang kokoh," tuturnya.

Adapun pembangunan fisik pada kegiatan TMMD ke-119 Kodim 1007/Banjarmasin ini yakni seperti Pembuatan jembatan sebanyak 6 unit, Pembuatan MCK sebanyak 3 unit, Pembuatan tempat wudhu sebanyak 2 unit, Pembuatan Pos Kamling, Rehab Musholla, Pembersihan Sungai, Pembersihan pasar dan selokan sebanyak 3 lokasi hingga Penanaman pohon sebanyak 1500 batang.  

"Sedangkan kegiatan bakti sosial juga dilaksanakan sebagai upaya mengatasi kesulitan dan mensejahterakan masyarakat melalui pelayanan kesehatan pengobatan gratis dan KB gratis, sunatan massal, pasar murah dan pembagian sembako kepada masyarakat yang kurang mampu sebagai wujud kepedulian TNI kepada rakyat," tuturnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Banjarmasin, Arifin Noor turut mengucapkan terimakasih kepada jajaran TNI, khususnya Kodim 1007/Banjarmasin.

"Ini merupakan apresiasi luar biasa, karena dalam waktu 1 bulan selesai 100 persen dan tepat waktu," ujar Arifin.

Lantas, kegiatan TMMD ke 119 ini ujarnya menjadi bukti yang sangat bermanfaat bagi masyarakat.

"Kedepannya ini menjadi evaluasi kita, untuk bekerjasama dengan TNI agar dapat membangun infrastruktur di Banjarmasin," pungkasnya.

Penulis : rian akhmad 
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya