Wali Kota Ibnu Sina Ajak ASN Aktif Berzakat di Momen Bulan Ramadan Ini

hallobanua.com, BANJARMASIN - Pemko Banjarmasin melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Banjarmasin melaksanakan kegiatan Keteladan Berzakat Kepala Daerah beserta jajaran ASN Pemko Banjarmasin, di Aula Kayuh Baimbai pada Rabu (20/03/2024).

Kegiatan itu dibuka langsung oleh Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina didampingi Kepala Baznas Kota Banjarmasin, Riduan Masykur, serta sejumlah Kepala SKPD lingkup Kota Banjarmasin.

Dalam kesempatan itu, Ibnu Sina menekankan pentingnya bulan suci Ramadan sebagai kesempatan yang tepat untuk memenuhi kewajiban zakat, infaq, dan sedekah. 

Dirinya juga menyoroti pentingnya melibatkan semua SKPD dalam upaya ini, mulai dari pimpinan hingga tingkat terendah.

"Ini adalah momen yang paling tepat selama bulan suci Ramadan bagi kita untuk menunaikan kewajiban zakat, infaq, dan sedekah. Kami sudah melibatkan seluruh pimpinan SKPD, mendorong mereka untuk memastikan partisipasi hingga ke tingkat akar rumput," ungkap Ibnu, Rabu (20/03/2024).

"Mereka yang pendapatannya melebihi nisab Rp6,8 juta wajib membayar 2,5% untuk zakat profesi mereka, yang berjumlah 171.000 rupiah," sambung Ibnu.


Selain itu, ibnu juga menyebutkan dampak potensial terhadap peningkatan pengumpulan zakat untuk Baznas Kota Banjarmasin dari tahun sebelumnya. Dengan kenaikan dari Rp1,3 Miliar menjadi Rp2,2 Miliar sejak tahun 2022. 

"Kami menetapkan target ambisius untuk mencapai Rp5 Miliar hingga Rp 6 Miliar tahun ini, berharap untuk mengoptimalkan kontribusi zakat secara penuh," harap Ibnu.

Tal hanya itu, orang nomor satu di Kota Baiman itu juga menekankan kejelasan hukum dan agama seputar kewajiban zakat, mengutip panduan yang diberikan oleh MUI (Majelis Ulama Indonesia) dan undang-undang zakat yang terintegrasi dalam peraturan daerah. 

"Kegiatan zakat ini tidak hanya mempromosikan produktivitas tetapi juga melayani berbagai kebutuhan masyarakat, mendorong kesejahteraan dan pembangunan komunitas," tuturnya.

"Ini juga komitmen Banjarmasin untuk memanfaatkan musim Ramadan untuk meningkatkan kontribusi zakat, mencerminkan upaya bersama menuju kemajuan sosial ekonomi dan kesejahteraan masyarakat," tutup Ibnu.

Penulis : rian akhmad
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya