Kerusakan Jalan Poros Tanjung-Bajuin, Menjadi Perhatian Wakil Rakyat

Hallobanua.com, PELAIHARI - Kerusakan jalan berlubang hingga menimbulkan genangan air menjadi kendala warga jalan poros Bajuin-Tanjung yang merupakan jalan utama di Kecamatan Bajuin, Kabupaten Tanahlaut (Tala), Kalimantan Selatan (Kalsel).

Di beberapa di jalan poros kecamatan tersebut terdapat lubag-lubang dengan ukuran kecil hingga besar. Sebagian lubang juga ada yang cukup dalam dan membahayakan pengendara.

Warga yang melintas harus bergerak pelan dan zigzag memilih sisa permukaan yang masih aman.

Kondisi tersebut turut menjadi perhatian khusus wakil rakyat di daerah ini. "Saya pikir itu sudah prioritas juga (ditangani)," ucap Arkani, anggota Komisi III DPRD Tala, Kamis (14/3/2024).

Wakil rakyat Tala tiga periode ini mengatakan kerusakan jalan poros Tanjung-Bajuin tersebut telah diusulkan perbaikannya oleh camat terdahulu (Sahriyanur).

Kala itu dirinya langsung meneruskan ke Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPRP) Tala.

Usulan tersebut telah direspons dan telah dianggarkan pada APBD 2024 saat ini. Hanya saja anggaran yang disediakan masih terbatas yakni Rp 1,4 miliar dengan volume pengaspalan sepanjang 700-an meter.

Sebagai informasi bentang panjang jalan poros Tanjung-Bajuin tersebut sekitar 11,7 kilometer. Kantor camat berada di antaranya, namun masih berada di wilayah Desa Bajuin.

Camat Bajuin Wisnu Kuntarto berharap pada dua titik kerusakan berat di jalur jalan poros tersebut, dirinya berharap kelak dapat dilakukan pengecoran agar kuat.

Pertimbangannya karena jalur Bajuin-Tanjung kerap dilewati angkutan berat seperti truk sawi, pasir, dan batu gunung.

Mengenai hal itu, Arkani mengatakan akan membicarakannya dengan Dinas PUPRP Tala. Pasalnya secara teknis, instansi ini yang menguasai aplikasi di lapangan dalam hal perbaikan yang akan dilaksanakan.

Sumber : Banjarmasinpost 
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya