Ratusan Kios di Pasar Kuripan Bakal Terdampak Pelebaran Sungai Veteran

hallobanua.com, BANJARMASIN - Pelebaran Sungai Veteran di kawasan Jalan Veteran, Kecamatan Banjarmasin Timur, tepatnya di Pasar Kuripan bakal dilakukan pada tahun ini.

Dalam penataan Pasar Kuripan itu, rencananya akan ada pembebasan lahan untuk pembangunan kios baru bagi pedagang terdampak.

Dalam pelebaran sungai itu, ada sebanyak 180 kios pedagang yang akan terdampak dan harus direlokasi ke kios baru.

Kepala Bidang (Kabid) Peningkatan Sarana Distribusi Pasar Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperdagin) Kota Banjarmasin, Ridho Satriya mengungkapkan ada sekitar 15 meter bangunan pasar di samping sungai yang bakal dirobohkan untuk pelebaran.

"Pedagang menginginkan ada kios baru sebagai kios pengganti mereka kios yang terdampak dengan menyesuaikan anggaran yang ada," ucapnya, Kamis (21/03/2024).

Akan tetapi, realisasi pembebasan lahan dan pembangunan kios baru itu masih menunggu Anggaran Pendapatan Belanda Daerah (APBD) 2024 turun.

Ridho mengungkapkan, untuk pembebasan lahan itu sendiri ada sekitar 10 persil yang nantinya cukup menampung para pedagang.

"Mengingat penataan Pasar Kuripan kali ini seperti membangun pasar baru maka dilakukan bertahap," jelasnya.

Diketahui, penataan Pasar Kuripan menjadi program prioritas dari Disperdagin Kota Banjarmasin dalam mendukung program National Urban Flood Resilience Project (NUFReP).

"Diharapkan tahun ini segera dilakukan pembebasan lahan sesuai dengan yang ditargetkan nasional," pungkasnya.

Penulis : rian akhmad
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya