Viral Meminta Zakat Sampai Masuk Pekarangan Tanpa Izin, Ibnu Sina Pinta Satpol PP Giat Patroli

hallobanua.com, BANJARMASIN  -  Belakangan ini, warga Banjarmasin diresahkan dengan 3 orang lelaki berboncengan menggunakan sepeda motor yang mengetuk rumah warga dengan alasan meminta zakat dan uang untuk berbuka puasa.

Bahkan, aksi ketiganya viral di media sosial karena tertangkap CCTV rumah warga di berbagai lokasi.

Tindakan mereka ini dianggap meresahkan karena tanpa permisi masuk ke pekarangan rumah warga, bahkan di salah satu rumah warga di kawasan Antasan Kecil Timur mereka tanpa sungkan membuka pintu rumah saat tidak dibukakan pintu.

Hal itu pun menjadi perhatian Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina. Ia pun minta agar warga lebih waspada dan berhati-hati.

"Pihak keamanan juga sudah melakukan patroli," ujar Ibnu Sina, Rabu (27/03/2024).

Dirinya juga memints agar Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Banjarmasin untuk melakukan patroli rutin.

"Yang paling penting masyarakat harus sadar dulu, jangan sampai orang luar sembarangan datang dan mengaku-ngaku siapa, ternyata bukan," pungkasnya. 

Sebelumnya, Kasat Reskrim Polresta Banjarmasin Kompol Thomas Afrian , mengaku telah turun ke lapangan guna melakukan penyelidikan.

"Kita tindaklanjuti dengan melakukan lidik terkait hal tersebut dengan berkoordinasi dan berkolaborasi dengan Polsek jajaran," ungkapnya, Senin (25/3/2024) kemarin.

Meski begitu, sampai saat ini ujarnya belum ada laporan dari warga kepada pihak kepolisian yang merasa keberatan atas kejadian tersebut.

Lebih lanjut, terkait aksi 3 orang yang tertangkap CCTV di beberapa wilayah dengan modus serupa, Kasat belum bisa memastikan apakah itu orang yang sama atau bukan. 

"Karena kita masih melakukan penyelidikan dan klarifikasi guna memastikan," tuturnya.

Dilain sisi, dijelaskan Kasat bahwa memang ada aturan yang melarang untuk memasuki pekarangan rumah orang lain tanpa izin. 

Meski demikian harus dilakukan penyelidikan dan klarifikasi guna menemukan unsur niatan yang mengarah pada pelanggaran pidana.

Penulis : rian akhmad
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya