Bappedalitbang Banjarmasin Menggali Potensi Kriya Kayu

hallobanua.com, BANJARMASIN - Mendukung sektor pariwisata di Kota Banjarmasin, Badan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan,  (Bappedalitbang) Banjarmasin melakukan kajian terkait potensi ekonomi limbah kayu melalui kegiatan seminar.

Seminar dengan tema Pengayaan Isu Kajian Potensi Ekonomi Limbah Kayu pun digelar di salah satu hotel di Kota Banjarmasin, Selasa (23/04/2024).

Menurut Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan Bappedalitbang Kota Banjarmasin, Thius Salan, pihaknya melibatkan Tim Peneliti dari Universitas Lambung Mangkurat, hingga praktisi pengolahan limbah kayu. 

"Langkah ini diambil juga dalam rangka untuk mendorong perekonomian Kota Seribu Sungai," ujarnya usai kegiatan, Selasa (23/04/2024).

Hal ini lanjut dia, sebagai langkah untuk mencari komoditas apa yang dapat dikembangkan di Banjarmasin.

"Dan tentunya bisa mendatangkan nilai ekonomi bagi masyarakat, yang kedepanya tentu untuk menunjang kesejahtraan," ujarnya.

Selain itu menurutnya, pihaknya bukan hanya mengkaji potensinya, namun juga mencari arah pengembanganya hingga tujuan pasar.

"Makanya kita hadirkan narasumber yang sudah berpengalaman pada bidang pengolahan limbah kayu. Apalagi ini tidak hanya dapat mendukung pariwisata, namun bisa dikembangkan ke arah prodok Kriya dan rumah tangga," tambah Thius.

Sementara itu, salah seorang narasumber dari OSAN Indonesia, Ahmad Junaidiy menambahkan, untuk mengembangan kriya kayu ini, bukan hanya sekedar mendorong masyarakat untuk mengolahnya.

Akan tetapi juga ada peran pemerintah dalam membantu pemesaranya sangat diperlukan.

"Bagaimana nanti kreasi kayu ini bisa muncul, pada momen apa, kemudian nanti peran perintah untuk membantu pemasaranya, hingga dapat membangun galeri dan kawasan wisatanya, dan harapanya dapat merambah pasar Internasional," pungkasnya.

Penulis : rian akhmad
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya