Bebas BAB Sembarangan, Wali Kota Ibnu Sina Ikut Bergotong Royong Bongkar Jamban di Pinggiran Sungai Muara Kelayan

hallobanua.com, BANJARMASIN - Upaya dan komitmen Pemerintah Kota Banjarmasin bersih dan bebas dari "jamban", terus dilakukan agar kota ini menjadi kota sehat dan bersih.

Dipimpin langsung oleh Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina, pembongkaran 3 buah jamban dilakukan di pemukiman padat penduduk di pinggiran sungai, persisnya di Sungai Muara Kelayan, di Kecamatan Banjarmasin Selatan, Jumat pagi (26/04/2024).

Wali Kota Ibnu Sina ikut membongkar jamban  sebagian rangka bangunan menggunakan alat linggis.

Dikatakan Wali Kota Ibnu Sina, pembongkaran jamban ini dilakukan untuk menciptakan agar Kota Banjarmasin semakin sehat dan target untuk bebas BAB sembarangan bisa terwujud.

"Mudahan ini bisa menjadi contoh bagi kelurahan lain, karena ada beberapa target yang harus dituntaskan agar kota ini bebas dari jamban dan BAB sembarangan," tutur Ibnu Sina, Jumat pagi (26/4/2024).

Sebagai gantinya, supaya tidak lagi BAB di jamban, Pemko Banjarmasin telah membuatkan toilet dalam rumah.

Salah satunya di rumah salah seorang warga di Jalan Kelayan B Muara Kelayan Banjarmasin Selatan.
"Ini salah satu contoh yang kita buatkan dan fasilitasi toilet atau wc dalam rumah di salah satu rumah warga di jalan Kelayan B Muara Kelayan Banjarmasin Selatan, agar lebih sehat," kata Ibnu Sina.

Ibnu memastikan keberadaan dermaga tetap difungsikan agar memudahkan warga sekitar beraktivitas dalam hal transportasi jalur sungai.

"Fungsi dermaga tetap kita manfaatkan, namun jambannya kita hilangkan dan bongkar," terangnya.

Disebutkan Ibnu Sina, untuk pembebasan jamban yang sudah dilakukan oleh Pemko Banjarmasin sebanyak 22 buah jamban, dari target pembebasan tahun ini sebanyak 35  buah di sejumlah kelurahan.

"Pembebasan jamban ini kita prioritaskan di beberapa kelurahan yang mungkin masih tersisa satu atau 2 buah jamban lagi. Ini supaya di kelurahan sendiri sudah banyak bebas dari jamban," 

Selain pembongkaran jamban, turut dilakukan penyebaran cairan eco enzyim, cairan pembersih sungai, di kawasan Sungai Muara Kelayan .

Dalam kegiatan aksi bersih-bersih lingkungan di wilayah kawasan Kelayan Luar di Kecamatan Banjarmasin Selatan, Jumat pagi (26/04/2024) ini turut didukumg oleh Forum Kota Banjarmasin, Karang Taruna, pihak RT, RW, kelurahan dan Satpol PP setempat.

Dan, pembongkaran beberapa buah jamban di kawasan Muara Kelayan ini, mendapat dukungan dari warga sekitar.

Penulis : maisuri
Kota Banjarmasin
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya