Masyarakat Kota Banjarmasin Diminta Waspada Banjir Rob Diprediksi Puncaknya Terjadi pada 29 April 2024

hallobanua.com, BANJARMASIN - Puncak air pasang surut di Kota Banjarmasin diprediksi bakal terjadi pada 29 April 2024 mendatang.

Perkiraan itu berdasarkan rilis peringatan dini pasang air laut yang dikeluarkan oleh 
Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kalimantan Selatan melalui Stasiun Metereologi (stamet) Syamsudin Noor.

Mengantisipasi peringatan dini banjir rob tersebut, Kepala Bidang Sungai di Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUPR) Kota Banjarmasin, Hizbul Wathony mengatakan, pihaknya terus melakukan pemantauan untuk antisipasi situasi terburuk ketika banjir rob atau air pasang di Banjarmasin. 

Terlebih, Banjarmasin diperkirakan sebagai lokasi terdampak. Apalagi dalam rilis BMKG, masyarakat dihimbau agar berhati-hati  dan waspada sekitar pukul 11.00-18.00 WITA. Bahkan ketinggian maksimum diperkirakan mencapai 2,9 meter.

Thony mengatakan, untuk antisipasi hal yang tidak diinginkam, pihaknya melakukan pemantauan tinggi air bersama BPBD Kota Banjarmasin. Tak hanya itu, rencananya, pasukan turbo juga dikerahkan. 


"Pasukan turbo ada yang di sungai dan ada juga yang bertugas membersihkan tumpukan lumpur di drainase. Ini dilakukan agar ketika air pasang, akan mudah surut," bebernya. 
 
Dirinya menyebut, sejauh ini untuk penanganan pasang yang paling efektif adalah dengan menggunakan pintu air dan pompa. Ia mengakui jika pihaknya masih belum memadai untuk pintu air tersebut.

"Sedangkan, untuk pasang air saat ini diungkapkan Thony, itu sering terjadi ketika sore hari. Dengan ketinggian di angka 2,4 hingga 2,5 meter," pungkasnya.

Saat ini ujarnya, untuk tinggi air mencapai 2,5 meter. Ketinggian ini dimulai sejak 27 Maret hingga 4 April lalu. 

Penulis : rian akhmad
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya