Event Tanbu Expo Bakal Ramaikan Pesta Pantai Mappanre Ri Tasie Pagatan

hallobanua.com, TANAH BUMBU - Kegiatan Pesta Adat Mappare Ri Tasie atau biasa dikenal dengan Pesta Pantai Pagatan bakal diisi dengan event Tanah Bumbu Expo.

Tanah Bumbu Expo ini ialah ajang pelaku usaha untuk mempromosikan produk-produk unggulan UMKM dari Bumi Bersujud serta kabupaten/kota se-Kalsel.

Dalam Tanah Bumbu Expo ini, Pemkab Tanah Bumbu bekerja sama dengan pihak perusahaan atau dunia usaha menyediakan 200 tenda untuk UMKM kabupaten/kota se-Kalsel sebagai wujud kontribusi nyata terhadap pembangunan di Bumi Bersujud.

Pemkab Tanah Bumbu juga menyediakan satu tenda roder untuk pameran pembangunan bagi Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemkab Tanah Bumbu dan instansi vertikal.

“Selain pertunjukan budaya dan hiburan, Pesta Adat Mappanre Ri Tasie ini juga dimeriahkan dengan adanya Tanah Bumbu Expo yang melibatkan dunia usaha dan pemerintah daerah,” ungkap Kepala Dinas Kebudayaan Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Tanah Bumbu, H Syamsudin saat monitoring persiapan pelaksanaan di Pantai Pagatan, Selasa (16/04/24) sore.

Selain Tanah Bumbu Expo, kata H Syamsudin, Pesta Pantai Mappanre Ri Tasie juga diisi dengan berbagai kegiatan untuk menambah semarak pesona event tahunan ini.

Beberapa kegiatan itu, di antaranya lomba kesenian rakyat, pertunjukan musik multi etnis dan budaya Indonesia, festival dangdut religi, musik gambus, maulid habsyi, ceramah agama, hiburan musik lokal, lomba balogo, festival kuliner, dan lomba parade kapal hias.

Diketahui kegiatan Pesta Pantai Mappanre Ri Tasie tahun ini akan digelar secara resmi dari tanggal 20 April hingga 04 Mei 2024.

Sekadar informasi, Mappanre Ri Tasie adalah festival adat suku Bugis Pesisir yang diturunkan secara turun-temurun dan dilaksanakan setiap tahun di Pantai Pagatan, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalsel.

Mappanre Ri Tasie artinya adalah makan bersama-sama di laut sebagai bentuk ucapan rasa syukur nelayan atas hasil laut yang melimpah.

Agus
Tanah Bumbu
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya