RPJPD Banjarmasin Sebagai Pintu Gerbang IKN Dinilai Sejalan Dengan Perencanaan Nasional

hallobanua.com, BANJARMASIN - Pemko Banjarmasin mulai menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) untuk pengembangan Kota Banjarmasin di tahun 2025-2045.

Musrenbang yang digelar di Best World Kindai Hotel Banjarmasin itu turut dihadiri jajaran Forkopimda Kota Banjarmasin serta beberapa kepala SKPD di lingkup Pemko Banjarmasin.

Menurut Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina, Musrembang RPJPD 20 tahun kedepan sangatlah strategis untuk Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

"Karena kita merencanakan sampai 100 tahun Indonesia merdeka. Ini mau kita arahkan kemana Kota Banjarmasin, sebagai pintu gerbang IKN," ungkap Ibnu disela kegiatan.

Isu strategis soal IKN ini kata dia bakal di sinkronisasikan dengan perencanaan nasional.

"Karena sifat RPJPD itu sebetulnya top down. Jadi presiden terpilih atau rencana nasional ini mau apa? Kan sudah ada. Jadi rencana Indonesia maju, Indonesia emaa itu ada. Dan diturunkan ke provinsi hingga kota," tuturnya.

Di Banjarmasin sendiri kata Ibnu, isu sebagai gerbang logistik IKN, sangat singkron dengan statusnya saat ini sebagai kota dagang, kota jasa.

"Makanya di dalam visi-misi RPJPD Banjarmasin 2025-2045 adalah, Banjarmasin Kota Sungai, Gerbang Logistik Kalimantan Yang Maju dan Berkelanjutan Menuju Baiman (Barasih Wan Nyaman)," pungkasnya.

Penulis : rian akhmad
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya