Buangan Sampah Kabupaten Tetangga Masuk Banjarmasin, Wali Kota Ibnu Sina Pinta Perketat Pengawasan di TPS

hallobanua.com, BANJARMASIN - Temuan dari DLH Banjarmasin terkait buangan sisa-sisa sampah dari Hotel Tree Park di TPS Kota Banjarmasin, jadi perhatian Wali Kota Ibnu Sina.

Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina pun sangat menyayangkan kejadian tersebut. Apalagi ada oknum yang sengaja membuamg sampah bukan pada wilayahnya.

Ibnu pun berharap ini menjadi pembelajaran semua pihak. Dan ia meminta agar dinas dan instansi terkait untuk memperketat  pengawasan di TPS-TPS yang ada di Kota Banjarmasin.

Disebutkan Ibnu Sina saat ini diperkirakan ada 3 sampai 6 ton sampah dari wilayah tetangga yang setiap hari menjadi beban Pemerintah Kota Banjarmasin, yang tersebar di beberapa TPS. 

Wali Kota 2 periode ini tak menampik jika akses kabupaten tetangga itu terkesan lebih mudah membuang di wilayah perbatasan Kota Banjarmasin.

"Mungkin karena lebih mudah, misalnya seperti di Sungai Lulut di eks Pasar Buah itu. Biasanya warga kabupaten tetangga yang buang, termasuk di Kilometer 6 dan 7," ujar Ibnu kepada hallobanua.com, Selasa (14/05/2024).

Pasalnya, lokasi TPS disana ujarnya sangat dekat dengan perbatasan, meskipun masuk di wilayah Banjarmasin.
"Itu lebih ke kesadaran warga saja lagi yang perlu disosialisasikan, terkait TPS disiapkan Pemda, khususnya Kabupaten Banjar. Ya kita ketatkan lagi pengawasan di TPS," tegasnya.

Disisi lain, untuk sampah yang mengalir melalui sungai kata Ibnu, hal itu sudah menjadi hal yang sudah biasa mengalir dari kabupaten tetangga hingga ke Banjarmasin.

"Kalau di darat itu bisa dicegah dengan memberikan pemahaman, tapi kalau di sungai itu sudah tidak bisa dicegah. Tapi itu perlu ada program seperti Sungai Martapura Asri," imbuhnya.

Menurutnya, program kerjasama DLH di kabupaten/kota serta Pemerintah Provinsi itu dapat menangani masalah persampahan di sungai.

Penulis : rian akhmad
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya