Dorong Ketersediaan Telur dan Ayam, Pemko Banjarmasin Kerjasama Dengan Blitar

hallobanua.com, BANJARMASIN - Upaya peningkatan perekonomian dan pengembangan usaha mikro di Banjarmasin terus dilakukan oleh Pemko Banjarmasin. 

Terbaru, Pemko Banjarmasin menandatangai MoU bersamaan Pemerintah Kabupaten Blitar terkait kerjasama distribusi telur ayam.

Penandatanganan naskah kesepakatan bersama dan perjanjian kerjasama dilakukan di Aula Balai Kota Banjarmasin pada Senin (28/05/2024) kemarin.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Banjarmasin, Ikhsan Budiman mengatakan, Kota Banjarmasin memang tengah memerlukan peningkatan kebutuhan pangan, khususnya komoditi telur dan ayam.

"Itu ril kita butuhkan, dari beberapa pendorong inflasi, itu selalu muncul di Kota Banjarmasin," ujar Sekda Banjarmasin.

Dirinya mengatakan, perjanjian kerja sama tersebut sangatlah bagus, di mana masing-masing kabupaten/kota baik Kota Banjarmasin maupun Kabupaten Blitar sama-sama melihat potensi yang ada.

"Jadi tugas pemerintah di sini adalah mempertemukan para pelaku usaha, sehingga nanti mempermudah masyarakat untuk memperoleh barang yang dibutuhkan," bebernya.

Ikhsan mrngatatskan dari kerja sama itu nantinya akan dikembangkan lagi bersama-sama. Baik itu dalam hal perekonomian dan pengembangan Usaha Mikro di Kota Seribu Sungai.

"Apakah nanti dalam hal pengolahan pangan, apakah nanti di diklat, pelatihan-pelatihan pengolahan pangan, kita punya potensi perikanan, tapi mungkin Blitar lebih bagus pengolahan, nanti bisa kita belajar," terangnya.

Ia menjelaskan, keuntungan kerjasama dengan Pemkab Blitar tersebut agar nantinya Kota Banjarmasin lebih mudah membutuhkan barang yang di perlukan.

"Telur saat ini kita mungkin bergantung pada telur dari Bati-Bati, Pelaihari, Tanah Laut. Tapi ketika misalkan telur dari Blitar masuk, atau telur dari daerah lain masuk, itu aka menstabilkan harga," jelasnya.

"Jadi kebutuhan kita tidak di satu daerah saja, tapi juga di beberapa daerah yang menjadi pasokan dari kebutuhan barang kita, pangan kita," pungkasnya.

Penulis : rian akhmad dan tim liputan
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya