DPRD Tala Gelar Paripurna Bahas LKPJ Bupati 2023

Hallobanua, PELAIHARI - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tanah Laut menggelar rapat paripurna dengan agenda penyampaian rekomendasi DPRD terhadap 
Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Tanah Laut Tahun 2023. Senin (20/5/2024).

Rapat paripurna dipimpin ketua DPRD Tala Muslimin, didampingi Wakil Ketua I H Atmari dan Wakil Ketua II H Rahimullah. Beserta jajaran anggota DPRD Tala.

Dari pihak eksekutif dihadiri Pj Bupati Tanah Laut H Syamsir Rahman dan para SKPD.

Dalam keterangannya Muslimin menyampaikan, rapat paripurna ini dihadiri 35 anggota DPRD Tala.

Dengan demikian, berdasarkan Peraturan DPRD Kabupaten Tanah Laut Nomor 1 Tahun 2019 tentang Tata Tertib Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Pasal 147 ayat (1) huruf a Rapat Paripurna untuk menetapkan Perda dan APBD dapat dilaksanakan jika kuorum rapat telah dicapai.

Ia bilang, rapat paripurna Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Tanah Laut Tahun 2023, resmi dibuka untuk umum.

Menurut Muslimin, dalam menjalankan kegiatan penyelenggaraan Pemerintahan, DPRD mempunyai fungsi dan peran dalam pengawasan kepada Kepala Daerah.

Adapun salah satu bentuk fungsi pengawasan tersebut yaitu berkaitan dengan anggaran yang merupakan hubungan pengawasan dan perimbangan.

Ia mengatakan, setelah melaksanakan proses pembahasan yang panjang bersama pemerintah daerah, berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2019 yang mengamanatkan bahwa DPRD wajib membahas dan menuangkannya menjadi sebuah Keputusan DPRD melalui rapat paripurna berisikan catatan, dan rekomendasi yang mesti ditindaklanjuti oleh Kepala Daerah dan jajarannya.

“Memasuki agenda utama rapat paripurna hari ini yaitu penyampaian rekomendasi DPD Tala, terhadap LKPJ Bupati Tanah Laut tahun 2023,” pungkasnya.

Sementara itu Pj Bupati Syamsir menilai, adanya rekomendasi yang ditujukan atas LKPJ ini menjadi wujud bagaimana sinergitas itu dibangun. 

Meskipun secara keseluruhan dinilai bagus, catatan dari para wakil rakyat ini dapat menjadi pengawal bagi Pemkab Tala dalam melakukan perbaikan demi perbaikan.

Diakhir acara rapat paripurna Pj Bupati Syamsir menerima berkas laporan atas rekomendasi DPRD yang diserahkan oleh Juru Bicara DPRD Tala. 

Selain itu, Syamsir juga turut menjadi saksi atas pengesahan berkas Rekomendasi DPRD ini oleh para pimpinan DPRD Tala. 

Tim Liputan/AS 
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya