Pemkab Tanbu Bina FKDM Tekankan Kewaspadaan Jelang Pilkada 2024

hallobanua.com, TANAH BUMBU -Pembinaan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) menekankan kewaspadaan jelang Pilkada melibatkan Sekretaris Desa di Kecamatan Kusan Tengah, Tanah Bumbu serta pengurus FKDM setempat.

Kegiatan dibuka Camat Kusan Tengah Aidil Adha, Selasa (21/5/2024) di Balai Desa Saring Sungai Binjai. Serta dihadiri unsur Kejaksaan Tanah Bumbu, Staf Khusus Bupati Tanbu serta Forkopimcam Kecamatan Kusan Hilir.

Disampaikan Camat Kusan Tengah. FKDM sebagai lembaga yang memiliki peran strategis dalam antisipasi dini, maupun penanganan dini terhadap peristiwa-peristiwa dan konflik di tingkat masyarakat. Maka itu pentingnya memperkuat FKDM melalui tingkat Desa hingga kebawahnya.

“Untuk melakukan kewaspadaan dini sejatinya harus di lakukan penggalian informasi secara dini sehingga segalanya bisa dianalisa lebih dulu terkait potensi ancaman dimasyarakat,” ujarnya.

Menurutnya, saat ini mau menghadapi lebaran Idul Adha, tentunya potensi ancaman dini bisa di sebabkan oleh gejolak harga.

Begitu pula dengan menjelang Pilkada, di mana perbedaan pilihan turut memicu konflik di tengah masyarakat.

Melalu kegiatan FKDM di harapkan peran masyarakat untuk saling membantu aparat keamanan dalam mencegah berbagai potensi konflik ,dan saling kordinasi dengan lintas terkait untuk mencegah potensi konflik tersebut.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik Nahrul Fajeri melalui Kasubbid, Kewaspadaan Dini dan Penanganan Konflik Sosial ,Fatmadi Anas, S.Ptmengungkapkan, tujuan dari pembinaan ini yakni untuk memperkuat FKDM melalui Forkopimcam.
Penguatan lainnya yaitu menjaring menampung mengkoordinasikan dan mengkomunikasikan data dan informasi mengenai ancaman tantangan hambatan dan gangguan Kecamatan Kusan Tengah.

“Kemudian menggali informasi, mengindentifikasi potensi konflik dan penanganan konflik sosial di wilayah Kecamatan Sungai Tengah,” imbuhnya.

Penulis Agus
Tanah Bumbu
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya