Warga Dihebohkan Kemunculan Seekor Buaya di Sungai Kawasan Gg Safari Pelambuan

hallobanua.com, BANJARMASIN - Warga di kawasan Gang Safari Kelurahan Pelambuan Kecamatan Banjarmasin Barat dibuat geger atas kemunculan seekor buaya di sungai kawasan tersebut.

Kemunculnya hewan reptil besar itu sempat viral di sosial media beberapa waktu lalu.

Jajaran BPBD Kota Banjarmasin telah menerima laporan adanya kemunculan buaya di Kota Seribu Sungai itu.

"Memang sejak kemarin ada laoprannya warga melihat buaya, dan tadi pagi pun kita langsung lakukan assesment," ujar Anggota BPBD Banjarmasin, Andy Putera, Jumat (03/05/2024).

Dirinya pun membenarkan jika di sungai kawasan itu, ada kemunculan buaya. Pasalnya saat melakukan pemantauan dirinya mengaku langsung melihat dengan mata kepalanya sendiri kemunculan buaya itu.

"Padahal saat itu warga di seberang gang Safari itu, tidak percaya. Tapi saat assesmen, rupanya buaya itu muncul. Makanya tadi saya panggil warga untuk diberikan himbauan," ujar Andi

Tangkapan layar BPBD Kota Banjarmasin

Dikatakannya dari informasi warga, keberadaan buaya itu berasal dari peliharaan warga sekitar yang terlepas.

"Dari orang tua pelapor pun mengakui jika dahulu memang ada orang yang memelihara buaya, dan terlepas. Makanya buaya itu di sekitar itu saja," tuturnya.

Dari hasil patauan, panjang buaya tersebut, sekitar 1,5 meter. Agar menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, pihaknya pun langsung mengimbau warga agar tidak beraktivitas dipinggir sungai.

"Untuk beraktivitas di sungai hati-hati, apalagi anak-anak jangan dibiarkan lagi di sungai, agar tidak terjadi hal-hal yang diinginkan," tuturnya.

"Kita sudah sampaikan juga ke Babinsa Bhabinkamtibnas untuk melakukan himbauan kepada warga," sambungnya.

Untuk tindakan evakuasi, pihaknya mengaku bakal menyusun rencana dan berkoordinasi dengan BKSDA Kalimantan Selatan (Kalsel).

Ditanya apakah ada rencana untuk memasang plang himbauan, ia bilang hal tersebut merupakan ranah BKSDA Kalsel.

"Itu bukan ranah kita, tapi ranah BKSDA untuk memasang plang," tuntasnya.

Penulis : rian akhmad
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya