Duta Genre Banjarmasin, Dukung Bonus Demografi di Banjarmasin

hallobanua.com, BANJARMASIN - Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Masyarakat (DPPKBPM) melaksanakan Grand Final Apresiasi Duta Generasi Berencana tahun 2024, di Hotel Banjarmasin Internasional (HBI), Sabtu (1/6/2024) pagi.

Menurut Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin, Ikhsan Budiman, hadirnya Duta Genre tentu memiliki peran penting dalam mempersiapkan bonus demografi di Indonesia, yang akan terjadi pada 2045 mendatang.

"Mereka ini untuk mempersiapkan Indonesia Emas 2045 mendatang. Dan untuk itu, kita harus menyiapkannya dari sekarang," ucap Ikhsan selepas membuka acara.

Menurutnya, Duta Genre merupakan generasi yang bisa merencanakan segala hal dengan baik. Mulai dari perencanaan dalam hal hidupnya hingga hal lainnya.

Namun secara spesifik, sekarang ini dikatakan Ikhsan, adalah bagaimana para Duta Genre ini bisa menjadi pionir di depan, untuk membangun mental Gen Z sekarang.

"Karena nantinya para Gen Z ini lah yang akan menjadi generasi pemimpin di bonus demografi Indonesia tahun 2045 mendatang. Saat ini sudah terbangun, dampaknya akan kita rasakan nanti," tuturnya.

Terkait dengan tugas para Duta Genre ini sendiri, Kepala DPKKBPM Kota Banjarmasin, Helfianoor menyebutkan nanti akan terdiri dari beberapa hal.

Salah satunya adalah menjalankan program Penyiapan Kehidupan Berkeluarga Bagi Remaja (PKBR) untuk Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R) untuk tingkat SMP dan SMA ataupun juga di kelurahan yang memiliki itu.

"Jadi itu lah salah satu fungsi mereka," tuturnya.

Para Duta Genre ini ujar Helfi, sebagai role model mereka diharapkan menjadi rekan sebaya yang bisa memberikan informasi, terkait program bangga kencana.

Untuk peserta sendiri di tahun ini ada 90 orang yang mendaftar. Jumlah ini meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya 54 orang.

"Mereka ini dari jenjang SMP hingga perguruan tinggi. Dan ini kita mencari 10 orang untuk menjadi Duta Genre 2024," pungkas Helfi.

Penulis : rian akhmad
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya