Ini Upaya Organisasi Muhammadiyah Kembangkan UMKM Melalui Pelatihan Jadi Pengusaha Kuliner

hallobanua.com, BANJARMASIN - Dalam upaya ikut berperan dalam peningkatan dan pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Muhammadiyah melalui Majelis Ekonomi, Bisnis dan Pariwisata menggelar Pelatihan Peningkatan Ekonomi Keluarga Perserikatan Muhammadiyah.

Kegiatan yang berlangsung pada Sabtu (8/6/2024) di Gedung Serba Guna Cafe Nostalgia Banjarmasin itu sendiri menggandeng sejumlah pihak, diantaranya produk Rose Brand, Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Kalsel dan Asosiasi Pengusaha Jasa Boga Indonesia (APJI) Kalsel.

Disela kegiatan, Ketua Majelis Ekonomi, Bisnis dan Pariwisata PMW Kalsel H Aftahuddin mengatakan,  sekitar ratusan perempuan di organisasi Muhammadiyah yang hadir dan mengikuti kegiatan pelatihan kali ini.

"Harapan kita melalui kegiatan kali ini bisa menginspirasi kaum perempuan, khususnya ibu rumah tangga untuk berani memulai usaha kuliner untuk menambah pendapatan keluarganya," tegasnya.

Dalam kegiatan pelatihan kali ini dilaksanakan pelatihan memilah bahan baku berkualitas hingga membuat aneka kudapan sederhana yang dapat dijual kembali dengan harga kompetitif.


"Nanti kegiatan seperti ini akan rutin kita gelar lagi kedepannya. Bahkan ada wacana kita gelar perzona, nanti disesuaikan dengan kudapan yang lagi viral ditempat tersebut," tambahnya.

Sementara itu, Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kalsel Prof Dr H Ridhani Fidzi, Mpd. menambahkan, organisasi Muhammadiyah Kalsel melalui Majelis Ekonomi, Bisnis dan Pariwisata terus berupaya mendorong geliat ekonomi masyarakat melalui berbagai kegiatan produktif, termasuk kegiatan kali ini.

"Harapan kita melalui kegiatan kali ini mereka bisa mendapatkan skill dan pengetahuan baru yang bisa mendorong mereka menciptakan peluang usaha baru bagi keluarganya," tuturnya.

Tidak hanya sekedar pelatihan, organisasi Muhammadiyah Kalsel juga terus mendorong pengembangan ekonomi Banua dengan menggandeng sejumlah pihak terkait, salah satunya terbaru adalah dengan menggandeng Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Laut (Tala) untuk mengelola salah satu destenasi wisata pantai di daerah tersebut.

"Langkah ini kita lakukan agar kami bisa terus berkontribusi bagi perekonomian daerah hingga bangsa dan negara," tukasnya.

Penulis tim liputan
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya