Catat! Ini Puncak Air Pasang di Banjarmasin

hallobanua.com, BANJARMASIN - Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Stasiun Metereologi (stamet) Syamsyudin Noor baru-baru ini merilis peringatan dini pasang air laut.

Dalam rilis itu menyebutkan, pasang air laut terjadi dikarenakan fenomena Fase Bulan Baru yang disertai Perigee yang terjadi 7 hingga 15 Juni 2024.

Itu akan membuat sejumlah daerah di sekitar Muara Sungai Barito akan terdampak pasang air laut. Termasuk Banjarmasin

"Adanya fase bulan baru berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum," tulis pihaknya dalam rilis,  Sabtu (08/07/2024).

Berdasarkan pantauan data water level dan prediksi pasang surut, banjir pesisir (rob) berpotensi terjadi di pesisir wilayah Kalimantan Selatan. 

Masyarakat pesisir pantai dan sungai pun diimbau agar selalu waspada untuk mengantisipasi dampak pasang maksimum air laut dan fenomena banjir pesisir.

Adapun pasang maksimum berpotensi terjadi di wilayah Perairan Muara Sungai Barito pada pukul 07.00 - 15.00 WITA dengan ketinggian maksimun mencapai 3.0 m.

"Wilayah berpotensi terdampak yakni Pesisir perairan Barito Kuala, Banjar, Banjarmasin, dan Tanah Laut," jelasnya.

Di Banjarmasin sendiri, BPBD Banjarmasin bersama Bidang Sungai Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUPR) Kota Banjarmasin terus melakukan pemantauan untuk antisipasi situasi terburuk ketika banjir rob atau air pasang. Terlebih Banjarmasin diperkirakan sebagai lokasi terdampak. 

"Untuk antisipasi kita melakukan pemantauan tinggi air khususnya di kawasan tengah Kota," ujar salah satu petugas BPBD Kota Banjarmasin, Andi Putera, Sabtu (08/06/2024). 

Hal ini kata dia, tentu berdampak pada terganggunya aktivitas keseharian masyarakat dan transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir, seperti kegiatan bongkar muat di pelabuhan, aktivitas di pemukiman pesisir, serta perikanan darat.

"Beberapa hari ini memang ada kenaikan. Biasanya kalau di kawasan tengah kota tinggi, lumayan terganggu arus lalu lintas disana," katanya.

Ditanya apakah banjir yang melanda kawasan Kabupaten Tanah Bumbu bakal berdampak ke wilayah Banjarmasin, ia menyebut hal itu tidak terjadi.

"Kalau di kawasan Pelaihari Kabupaten Tanah Laut yang banjir, kemungkinan baru bisa berdampak ke kita Banjarmasin," pungkas Andi.

Penulis : rian akhmad
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya