Di Hari Jadi ke-55 Sanggar Budaya Kalsel Gelar Konser Musikalisasi Puisi

 
hallobanua.com, BANJARMASIN- Yayasan Sanggar Budaya Kalimantan Selatan berusaha menyajikan pertunjukan yang mengagumkan dan menghibur masyarakat. 

Sejak berdiri 55 tahun yang lalu, salah satu komunitas seni di Banua ini menampilkan kreativitas yang memukau dalam setiap kesempatan. 

Kali ini, melalui Kelompok Studi Seni Sanggar Budaya (KS3B) Kalsel, mereka membuat suguhan yang berbeda dengan menggelar konser musikalisasi puisi, yang dihelat di gedung Balairung Sari Taman Budaya Kalsel, Minggu (12/6/2022) kemarin malam. 

Konser musikalisasi puisi bertajuk "Mengapresiasi seni sastra melalui musikalisasi" itu mengusung 10 lagu dari 10 puisi karya 7 sastrawan. 

Puisi-puisi yang dibawakan tersebut ditulis oleh (Alm) H Adjim Arijadi, WS Rendra, Sapardi Djoko Damono, Taufik Ismail, Chairil Anwar, YS Agus Suseno dan Irwan Aprialdy. 

Dibuka dengan 'Sajak Putih' karya Chairil Anwar dan ditutup 'Suatu saat' karya H Adjim Arijadi, konser tersebut sukses menyihir penonton yang hadir malam itu. 

Berbagai nuansa pun turut mengiringi suasana malam itu mulai dari romantis, kepedihan, hingga menjadi bahan renungan bagi penonton. 

"Kita ingin mengapresiasi karya puisi melalui musikalisasi puisi. Disadari atau tidak, di Kalsel ini minat tentang musikalisasi puisi ini mungkin kurang. Padahal, musikalisasi puisi ini sudah me-nasional, dan didukung oleh balai bahasa," ucap ketua KS3B Kalsel, Hijromi Arijadi Putra. 

Romi bilang, konser musikalisasi puisi merupakan salah satu program kerja mereka tahun ini. 

Dirinya berharap suguhan ini bisa diterima dan dinikmati, sehingga masyarakat umum dapat mengenal serta mengapresiasi karya sastra melalui musikalisasi puisi. 

"Ini merupakan salah satu program kerja (proker) Yayasan Sanggar Budaya tahun ini. 10 lagu dari 10 puisi yang kami garap sejak tahun 2018, diantaranya merupakan original soundtrack (ost) dari beberapa pementasan teater yang pernah kami bawakan," tandasnya. 

Sementara itu, Pembina Yayasan Sanggar Budaya, Hj Ely Rahmi, S.Sos, MM mengatakan, konser musikalisasi puisi tersebut merupakan rangkaian hari jadi ke-55 tahun Sanggar Budaya Kalimantan Selatan (Kalsel). 

"Acara ini tetap dalam rangkaian 55 tahun Sanggar Budaya Kalsel," ucapnya disela acara. 

Konser musikalisasi puisi tersebut berlangsung meriah dan disambut baik oleh para tamu undangan yang hadir. Salah satu apresiasi datang dari anggota Dewan Kesenian Banjarbaru, HE Benyamin. 

"Adanya konser musikalisasi ini, kita mempunyai harapan bahwa ternyata karya sastra yang digarap serius, merupakan sesuatu yang menarik. Setidaknya kita bisa menikmati puisi yang sudah berwarna melalui kata, ditambah degan warna lain," ucap Bang Ben. 

Hal senada juga diungkapkan seniman sekaligus akademisi Universitas Lambung Mangkurat, Novyandi Saputra. Dirinya berharap Yayasan Sanggar Budaya bisa terus konsisten berproses, dan menampilkan suguhan terbaik dalam setiap pertunjukan. 

"Selamat untuk kawan-kawan Sanggar Budaya dan KS3B Kalsel. Terus konsisten dalam berproses dan menghadirkan karya," pungkasnya. 

Penulis : rian akhmad/ msy
Kalsel
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya