Enam Kelurahan di Banjarmasin Dapat Bantuan Armada Sampah Dukung Program Sungai Martapura Asri

hallobanua.com, BANJARMASIN – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menyerahkan sebanyak 7 buah unit kendaraan roda tiga dan bak sampah kepada DLH Kota Banjarmasin, Selasa, (28/06/22). 

Bantuan tersebut pun langsung diterima Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina didamping Wakilnya Arifin Noor, serta Sekertaris DLH Banjarmasin, Wahyu. 

Wahyu mengatakan, tujuh buah kendaraan roda tiga itu diharapkan dapat menyukseskan Program Sungai Martapura Asri. 

Sedangkan untuk bak sampah untuk mendukung Program Merdeka sampah dijalan protokol. 

“Tujuh buah kendaraan roda tiga dan bak sampah ini, kita serahkan kepada pihak kelurahan yang berdekatan dengan sungai,” ujar Wahyu, Selasa, (28/06/22). 

Adapun kelurahan yang mendapatkan bantuan itu diantaranya Kelurahan Sungai Lulut, Banua Anyar, Pasar lama, Kelayan luar, Kelayan Barat dan Mantuil. 

“Enam kelurahan itu, yang mendukung program Sungai Martapura Asri,” ungkapnya. 

Sedangkan untuk bak sampah program merdeka sampah terpilah di jalan protokol yakni di tiga Kelurahan seperti Basirih, Telaga Biru dan Kelayan Timur. 

Wahyu pun berharap dengan adanya kelurahan yang mendapatkan bantuan ini, bisa mengurangi sampah yang ada di sungai. 

“Karena pengakutan sampah ditepi sungai tidak memungkinkan sampah besar yang masuk, adanya roda tiga ini bisa membantu pengangkutan,” tuturnya. 

Wahyu juga menjelaskan, untuk petugas yang diberdayakan nanti yang sudah ada di setiap kelurahan seperti duta lingkungan. 

“Duta lingkungan ini biasanya mengajak kebersihan yang ada di setiap kelurahan,” pungkasnya. 

Sementara itu, Kadis LH Provinsi Kalsel, Hanifa Dwi Nirwana mengatakan, bantuan ini merupakan perhatian pemerintah provinsi, terhadap kabupaten/kota se Kalsel. 

"Karena ada 2 program penting di Kota Banjarmasin, jad saya harap dukungan dari pemerintah daerah setempat," ujarnya. 

Selain di Kota Seribu Sungai kata dia, batuan serupa juga diberkian di kabupaten /kota lainnya di Kalsel. 

"Jadi bantuan ini sebenarnya dari para pelaku usaha di Kalsel melalui DLH Kalsel, dan diserahkan nanti kepada pemerintah Kabupaten/kota lain seperti, Bajarbaru, Banjarmasin dan Kab. Banjar," pungkasnya. 

 rian akhmad/ may
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya