Tambahan Konvektor DLH Turut Andil Kurangi Jumlah TPS

hallobanua.com, BANJARMASIN - Hadirnya mobil angkutan jenis konvektor yang baru di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Banjarmasin dirasa sangat bermanfaat. 

Pasalnya, dengan penambahan armada angkut tersebut bisa menambah titik-titik layanan Surung Sintak yang merupakan program DLH di Banjarmasin. 

"Sehingga jumlah sampah di TPS bisa kita minimalisir," ungkap Kepala Bidang (Kabid) Kebersihan dan Pengelolaan Sampah, DLH Banjarmasin, Marzuki. 

Tidak hanya itu, pengadaan unit konvektor ini rupanya juga bertujuan untuk menghapus keberadaan TPS yang selama ini menjadi PR bagi Pemko Banjarmasin. 

Terpisah, Sekertaris DLH Banjarmasin, Wahyu Hardi Cahyono mengungkapkan saat ini rencana penghapusan TPS tersebut masih dalam proses. 

"Namun dengan adanya angkutan konvektor ini sedikit demi sedikit kita bisa mengurangi keberadaan TPS. Karena kita akan memaksimalkan fungsi paman gerobak dengan kesepakatan jam dan lokasi layanan surung sintak," katanya. 

Ia tak menampik bahwa selama ini keberadaan sampah di TPS sering dikeluhkan masyarakat, lantaran seringnya berceceran air buangan sampah kemana-mana. Kemudian ketika diangkut ada yang tertinggal. 

"Paling lambat Juli kita adakan rapat dengan seluruh lurah di Banjarmasin," ungkap Wahyu. 

Pihaknya pun meminta pihak kelurahan bisa mendata paman-paman gerobak yang beroperasi di masing-masing lingkungan kelurahannya. 

"Dengan begitu kami bisa mengestimasi berapa angkutan konvektor yang diperlukan. Makanya penambahan mobil konvektor ini rencananya akan mengumpulkan lurah se kota Banjarmasin. Untuk mendorong layanan surung sintak ini bisa diterapkan di setiap kelurahan," ujarnya. 

"Sehingga paman gerobak yang dulunya jauh membuang sampah ke TPS, tapi dengan adanya mobil konvenktor ini bisa lebih mendekatkan layanan penjemputan sampah ke masyarakat. Jadi paman gerobak tidak jauh lagi," pungkas Wahyu. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya