Atasi PMK Pada Hewan Ternak di Tabalong, Petugas Gabungan Lakukan Pengecekan

hallobanua.com, TANJUNG - Petugas gabungan lakukan pengecekan dan pengobatan Penyakit Mulut serta Kuku (PMK) pada hewan ternak di Kabupaten Tabalong umumnya, khususnya di Kecamatan Tanjung, Jum'at (8/7). 

Kegiatan pengecekan dan pengobatan kepada hewan ternak sapi dilakukan oleh Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kabupaten Tabalong. 

Pengecekan juga dilakukan di 3 lokasi kandang hewan ternak yang berada di Kelurahan Hikun, Kecamatan Tanjung. Jumlah hewan ternak tersebut berjumlah 105 ekor sapi dengan tiga orang kepemilikan. 

Dalam kegiatan pengecekan dan pengobatan, Disbunnak Tabalong dipimpin drh. Suwandi bersama tim yang didampingi Kasat Samapta Polres Tabalong Iptu I Nyoman Sudharma, Kapolsek Tanjung Iptu Saepudin, Lurah Hikun, Kasi Dokkes Polres Tabalong dan Kanit Ekonomi Sat Intelkam Polres Tabalong. 

Adapun kegiatan yang dilakukan Tim Disbunnak yakni melakukan pengecekan dan pemeriksaan terhadap seluruh hewan ternak sapi, penyuntikan pengobatan antibiotik ternak sapi yang terdampak penyakit PMK, berikan miltivitamin terhadap hewan ternak dan penyemprotan disinfektan terhadap kuku dan kandang hewan ternak sapi. 

Kapolres Tabalong AKBP Riza Muttaqin melalui Kasubsi Penmas Sihumas Polres Tabalong Aipda Irawan Yudha Pratama membenarkan pagi ini pihaknya Polres Tabalong dan Polsek Tanjung melakukan pendampingan Tim Disbunnak Tabalong dalam kegiatan pengecekan dan pengobatan hewan ternak sapi di Kelurahan Hikun, Kecamatan Tanjung, Tabalong. 

"Kami imbau kepada peternak di Wilayah Tabalong jangan panik dengan situasi kondisi terhadap penyakit kuku dan mulut (PMK) hewan ternak. Apabila menemukan gejala - gejala mengarah ke PMK agar segera melaporkan kepada Disbunnak Tabalong untuk penanganan lebih lanjut," himbaunya. 

Is/ may
Tabalong
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya