Dihadiri Ratusan Anak, Kegiatan Dongeng Dispersip Berlangsung Meriah


hallobanua.com, BANJARMASIN - Sejak pagi, ratusan anak-anak bersama orangtua sudah padati Kids Library (Perpustaakaan anak) di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimatan Selatan (Kalsel), Rabu pagi ( 20/07/2022). 

Bahkan, terlihat parkiran mobil maupun motor sudah terisi penuh di halaman Perpus Palnam tersebut. 

Kedatangan anak-anak yang terdiri dari berbagai lemaga PAUD dan sekolah TK di Kalsel tersebut untuk menyaksiakan Juru Kisah Nasional, yakni Kak Kempho Antaka, untuk menggelar visual storytelling (cerita visual). 

"Jadi tidak hanya bercerita saja, tetapi menggambar juga secara live didepan anak-anak," Ungkap Kempho Antaka sebelum mengisi acara pada Rabu, (20/07/22) 

Mengangkat tema 'Lindungi Anak-Anak Indonesia Agar Menjadi Generasi Yang Sholeh Dan Gembira', Kak Kempho juga ingin menggaungkan terkait perlindungan terhadap anak. 

"Karena saat ini kan marak kekerasan, eksploitasi hingga pelecehan seksual terhadap anak. Ini kita akam agkat dalam sebuah dongen yang nanti bisa diambil oleh anak, agar punya rasa waspada juga degan lingkungan tidak baik," ujarnya. 

Tingginya antusias anak di Kalsel saat menghadiri kegiatan bercerita ini, Kak Kempho juga berharap agar para orang tua menggiatkan kembali literasi di rumah, seperti bercerita kepada buah hatinya. 

"Ya tentu harapan kita agar budaya bercerita kembali ditingkakan. Karena budaya ini sudah kita miliki sejak dulu. Dan selama ini mulai terkikis karena perkembangan jaman digital. Semoga budaya bercerita kembali meningkat," harapnya. 

Sementara itu, Kepala Dispersip Kalsel, Nurliani Dardie mengatakan, pihaknya sengaja mendatangkan pencerita ini, untuk memeriahkan hari anak nasional, guna meningkatkan budaya literasi. 

"Alhamdulillah beliau dapat hadir, ini memang komitmen kita untuk meningkatkan budaya literasi, salah satunya melalui bercerita,"ungkap Kadispersip. 

Perempuan yang sering disapa Bunda Nunung itu pun merasa bangga dengan tingginya antusia para pengunjung. 

"Padahal tidak ada undangan khusus kepada mereka. Hanya kita sebar flayer saja di sosial media. Tapi ternyata membludak yang datang," ungkap Kadispersip. 

Ia mengatakan, kesadaran masyarakat yang tinggi akan pentingnya perpustakaan, juga membuat perpustakaan sering dikunjungi. 

"Apalagi di perpustakaan anak kita ini selalu ramai pengunjung, untuk itu kita manfatkan ini," pungkasnya. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kalsel
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya