Dukcapil Banjarmasin Uji Coba KTP Digital

  Yusna Irawan Kadisdukcapil Kota Banjarmasin

hallobanua.com, BANJARMASIN - Untuk mematangkan Aplikasi Administrasi Kependudukan Digital atau ID Digital, terus diuji coba oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Banjarmasin 

Program itu sendiri digaungkan langsung Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Dirjen Dukcapil). 

Lalu bagaimanakah perkembangannya di Kota Seribu Sungai? Kepala Disdukcapil Banjarmasin, Yusna Irawan mengatakan, uji coba berjalan dengan lancar. 

Bahkan di Kota Banjarmasin, uji coba dilakukan di kalangan pegawai kantor Disdukcapil Banjarmasin dan sudah berjalan selama sebulan. 

"Kami masih menunggu informasi atau arahan selanjutnya dari Dirjen Dukcapil, untuk diterapkan ke seluruh masyarakat atau warga," ungkap Yusna belum lama tadi. 

Ia menjelaskan, akses aplikasi ID Digital hampir mirip seperti aplikasi Peduli Lindungi. 

Ia bilang, semua rekam data, baik itu KTP, serta administrasi kependudukan, ada dalam satu aplikasi itu. 

"Jad simpelnya itu, pengganti berkas fisik. Meskipun sebetulnya, berkas fisik misalnya KTP itu masih tetap ada,"jelasnya. 

Adapun tujuannya sendiri kata Yusna agar semua data terpusat di dalam satu aplikasi dan lebih mudah. 

Lalu, kapankah ID Digital itu diterapkan atau bisa diakses seluruh masyarakat? 

Terkait hal itu, Kadisdukcapil mengatakan bahwa pihaknya masih menunggu informasi dari Dirjen Dukcapil. 

Mengingat untuk mengakses aplikasi tidak hanya sekadar mengunduh aplikasinya saja di gawai berbasis android. Tapi, juga mesti mempunyai PIN yang berasal dari pihak Dirjen Dukcapil. 

"Itu yang juga masih kami tunggu. Kemudian, di dalam aplikasi ini baru memuat KTP, Kartu Keluarga, NPWP. Mungkin yang lainnya akan menyusul dimasukan. Utamanya, data yang terintegrasi dengan data kementerian," paparnya. 

Meski demikian, Yusna kembali menekankan bahwa selama uji coba sebulan ini, aplikasi yang digunakan berjalan dengan lancar. 

"Kawan-kawan di Disdukcapil Banjarmasin sudah menggunakan. Waktu di bandara pun, kami cukup memperlihatkan KTP yang ada dalam aplikasi ini," tutupnya. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya