Pemkab Tanbu Berupaya Optimalkan Sanitasi Bumi Bersujud

hallobanua.com,  TANAH BUMBU -Pemkab Tanah Bumbu terus berupaya untuk mengoptimalkan sanitasi di Bumi Bersujud. Upaya ini, dilakukan demi menjamin kebersihan lingkungan dan kesehatan masyarakat sekitar. 

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Tanah Bumbu, Andi Anwar Saddat menargetkan 100 desa di Tanbu bebas buang air besar sembarangan atau Open Defecation Free (ODF). 

Untuk mencapai target tersebut, Bappeda Litbang Tanbu menggelar rapat koordinasi antar stakeholder terkait Kabupaten Kota Sehat (KKS) pada Kamis (7/7/2022). 

Rakor KKS ini dihadiri oleh ketua forum kota sehat KKS, Fawahisa Mahabatan, dan narasumber dari team Bappeda Kalsel  serta seluruh camat dan beberapa kadis terkait. 

“Dalam mewujudkan penyelenggaraan Kabupaten Kota Sehat (KKS), perlu sinergitas seluruh dinas terkait dan memerlukan instrumen instrumen yang harus ditargetkan untuk memenuhi standar Kabupaten Kota Sehat,” kata Anwar Saddat kepada awak media ini. 

Ia menargetkan Pemkab Tanbu meraih predikat Wiwerda tahun ini dalam KKS. 

Pasalnya, komitmen pemerintah daerah terhadap 100 persen desa ODF terlihat dari capain desa ODF terbilang cukup tinggi. Hal ini, terlihat di mana Pada 2019, Tanah Bumbu telah mencapai 32,89% Desa ODF (49 Desa). 

"Kemudian pada 2021 telah mencapai 61,07% Desa ODF (91 Desa) dan  pada tahun 2022 ditargetkan sebanyak 39 desa ODF," ujarnya. 

"Pada 2019, Tanah Bumbu telah mendapatkan penghargaan “Padapa”  dan pada 2022 kita menargetkan dapat meraih predikat “Wiwerda",'' tambah Anwar Saddat. 

Dia mengatakan pihaknya terus mengevaluasi pelaksanaan strategi yang telah dilaksanakan pada 2021. Sedangkan tahun ini, sambung Anwar Saddat telah  ditetapkan 9 target tatanan  untuk pencapaian  desa ODF tersebut. 

Untuk mempercepat pencapaian target KKS 2022 yaitu kategori “WIWERDA” maka perlu dilakukan rakor untuk mengevaluasi pelaksanaan 2021 dan rencana 2022 dan pada  2022 telah ditetapkan 9 target tatanan untuk pencapaian desa ODF tersebut. 

"Oleh karenanya diperlukan tanggung jawab dan  komitmen dan kerjasama antar stakeholder sehingga  pencapaian 100 persen desa ODF di Tanah Bumbu dapat terwujud," tandasnya. 

Ags/ may
TANAH BUMBU
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya