Ini Upaya Damkar Kota Banjarmasin Meminimalisir Angka Kecelakaan Damkar

hallobanua.com, BANJARMASIN - Keselamatan berkendara menjadi kunci utama dalam tugas pemadam kebakaran atau BPK untuk memadamkan api di lokasi kejadian. 

Ha itulah membuat ratusan BPK di Bajarmasin mengikuti kegiatan Coaching Clinik and Safety Driving yang digelar Ikatan Motor Indonesia (IMI) Kalsel, dengan Pemko Banjarmasin pada Minggu (24/07/22). 

Dengan mendatangkan instruktur dari Polda Banjarmasin, ratusan unit Damkar turut dilakukan pegecekan mulai dari mesin, sistem pengereman, dan yang lainnya, sebelum diberikan teori dan pengayaa. 

Benar saja, keselamatan berkendara menjadi hal penting, terlebih para petugas memacu armadanya dalam kecepatan tinggi di jalan raya. 

Terlihat, ratusan unit BPK pun silih berganti melaju disepanjang jalan RE Martadinata, menuju Jl. Lambung mangkurat. Lalu kembali lagi menuju Kantor Pemko Banjarmasin. 

"Kita sangat terbantu dengan eduksi serta pembelajaran tentang membawa unit damkar ini," ungakap Panji, salah satu driver dari PMK Seka, Minggu (24/07/22). 

Ia mengatakan, saat pelatihan seluruh driver damkar diberikan pembelajaran terkait safety riding, serta dihimba untuk menjaga keselamatan dijalan raya. 

"Ada pemberian materi oleh psikolog. Dan alhamdulillah tadi lancar saja unitnya saat melaju di jalan," ujarnya. 

Panji pun berharap, kegiatan seperti ini terus bisa dilakukan untuk mengurangi agka kecelakaan PMK di jalan. 

Benar saja, saat ini masih ada angka kecelakaan antara unit damkar dengan para pengguna jalan di Banjarmasin. 

Terpisah, Ketua Umum IMI Kalsel, Edy Sudarmadi meuturkan, kegiatan keselamatan berkendara ini diberikan untuk menambah wawasan serta pengetahuan berkendara di jalan. 

"Sehingga melalui ini untuk menambah edukasi, yang mana agar masyrakat bisa menerima baik BPK dan menjaga marwah Damkar dimasyarakat," pungkasnya. 

Meski tidak diikuti seluruh driver Damkar di Banjarmasin, Eddy berharap kegiatan coaching clinik bisa digelar lagi dikemudian hari. 

"Agar bisa memberikan kesempatan kepada driver yang belum dan bahkan dikabupate kota lainnya," tutupnya. 

Diketahui, dari data E-Damkar, terdata sebanyak 290 unit BPK di Banjarmasin dan sebanyak 5 ribu lebih anggota Damkar. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya