Jalan di Perumahan di Banjarmasin Bakal Diperbaki, Segini Biayanya


hallobanua.com, BANJARMASIN - Pemko Banjarmasin mulai matang memperbaiki seluruh jalan komplek perumahan atau jalan lingkungan di Kota Banjarmasin 

Menurut Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Banjarmasin Chandra mengatakan, rencananya pengusulan anggaran akan mulai dibahas dalam bulan depan. 

Hal itu menunggu jadwal dari Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dan DPRD Banjarmasin. 

"Untuk tahap awal kita usulkan di APBD Perubahan 2022," ucap Chadra belum lama tadi. 

Diketahui sebelumnya, setidaknya ada 328 komplek perumahan dengan total panjang mencapai 370 kilometer yang bakal diperbaiki. 

Jumlah itu sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Wali Kota Nomor 391 Tahun 2022, tentang ruas jalan kota di dalam kompleks perumahan di Kota Banjarmasin. 

Diterangkan Chandra, pada APBD Perubahan 2022, pihaknya akan mengusulkan anggaran sekitar Rp30 Miliar. 

Menurutnya, dengan anggaran sebesar itu, pihaknya mengerjakan sekitar 22 kilometer jalan lingkungan. 

Utamanya di tiga wilayah, yakni Kecamatan Banjarmasin Utara, Banjarmasin Timur dan Banjarmasin Selatan. 

"Saat ini Tim Survey menginventarisir dan mendata kondisi eksisting jalan di Komplek-komplek perumahan tersebut. Terutama untuk Kompleks Perumahan yang Fasumnya sudah diserahkan ke Pemko," katanya. 

"Kita akan melihat terlebih dulu kondisi kerusakannya. Misalnya jika terkait overlay, maka cukup dilakukan pengaspalan jalan," lanjut Chandra. 

Natinya, jika usulan anggaran itu disetujui, maka pelaksanaanya dapat dimulai pada bulan Oktober mendatang. Dengan target pengerjaan selesai tiga bulan, atau Desember 2022. 

"Semoga proses bisa cepat. Agustus pembahasan anggaran, lalu September proses lelang," harapnya. 

Terakhir, setelah pengerjaan di APBD perubahan, pihaknya akan kembali mengusulkan penambahan dana di APBD Murni 2023. Nominalnya pun sama, yakni sebesar Rp30 Miliar. 

"Sisanya akan dikerjakan tahun depan. Utamanya untuk pengerjaan jalan lingkungan yang kondisinya rusak berat," tuntas Chandra. 

Penulis : Rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya