Luar Biasa! Apindo Ekspor Sasirangan dan Tas Purun Banua Akhirnya Tembus ke Amerika

hallobanua.com,  Kalsel - Keseriusan Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Provinsi Kalimantan Selatan memperkenalkan produk banua agar bisa tembus ke luar negeri, akhirnya terwujud. 

Atas kerjakeras dari Apindo Kalsel itu  produk UMKM banua berupa  tas purun dan kain sasirangan tembus ekspor ke negeri Paman Sam, Amerika Serikat. 

Pada tanggal 13 Juli 2022 tadi, dan ini  menjadi catatan sejarah bagi Apindo Kalimantan Selatan di bawah kepemimpinan H Supriadi untuk mengekspor perdana produk dan kerajinan lokal banua tersebut. 

Atas dukungan dan diterimanya produk UMKM binaan Apindo Kalsel iti, Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) DR Supriadi, S.PD, MM menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah daerah, duta besar Indonesia di USA dan diaspora indonesia di Amerika yang telah membantu memberikan jalan  sehingga ekspor perdana produk UMKM kalimantan Selatan ini dapat terlaksana. 

"Kali ini produk UMKM yang kita kirim adalah berupa baju sasirangan dari UKM Bahalap Barito Kuala, dan UKM kerajinan berupa tas purun dari UMKM dari Hulu Sungai Utara," kata Supriadi. 

Pengusaha asal banua ini pun  berharap program ekspor pelaku UMKM banua ini dapat membantu pemulihan ekonomi pasca pandemi covid yang sempat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi di Kalimantan Selatan. 

"Harapan kita juga menjadimotivasi para pelaku UMKM di daerah lainnya agar bisa meningkatkan produktifitas sehingga bisa mengejar peluang ekspor ke Amerika," timpal Supriadi. 

Sementara, Majeri selaku pemilik Bahalap Sasirangan yang kali ini beruntung bisa ikut ekspor perdana dan mengirim  pakaian laki laki dan wanita, mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada Apindo Kalsel yang peduli dengan  para pelaku UMKM. 

"Rasanya kami seperti bermimpi  sasirangan olahan kami bisa tembus ekspor ke Amerika. Berkat kerja keras dan langkah kongkrit Apindo, ekspor perdana ini bisa terlaksana, sekali lagi kami mengucapkan terima kasih kain kebanggaan kami bisa ekspor ke Amerika " tutur Majeri. 

Senada, Aisyah pelaku UKM pembuat kerajinan tas purun dari Desa Palimbang Sari Kecamatan Haur Gading Amuntai, termasuk pelaku UKM yang beruntung juga. 

Pasalnya, hasil karya  dan kerajinan mereka bisa sampai ke Amerika. 

"Kami bersyukur dan bangga dengan Apindo Kalsel yang sudah membantu pemasaran hasil karya kami, terima kasih buat Apindo," kata Aisyah tersenyum bangga. 

Sekedar diketahui, ekspor perdana ini  sudah dipersiapkan oleh Apindo Kalsel sejak 2 bulan lalu, setelah pertemuan pihakny dengan duta besar dan konsulat di beberapa negara bagian di Amerika. 

Bekerja sama dengan diaspora di Amerika, produk UMKM banua sudah masuk lebih dari 10 negara bagian, diantaranya New York, Boston, Chicago, Colorado, Los Angeles, Seattle, dan beberapa lainnya. 

 Ketua Apindo Kalsel DR H Supriadi, SPd MM

"Kami berharap akan banyak pelaku UKM banua yang bisa terbantu untuk eksport ke Amerika. Saat ini Apindo juga berusaha untuk menjalin kerja sama dengan negara lain seperti Eropa, Australia dan lainnya, semoga akan terealisasi segera," pungkas Supriadi. 

Dijadwalkan awal Agustus 2022 nanti, Apindo Kalsel kembali melakukan ekspor ke Amerika, dengan harapan pengiriman nanti akan lebih banyak pelaku UMKM banua lainnya yang bisa bergabung. 

Tim Liputan/ may
Kalsel
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya