Mudahkan Urus KTP, KK Serta KIA, Kadisdukcapil Himbau Warga Mengurus di UPT Terdekat

Kadisdukcapil Kota Banjarmasin Yusna Irawan

hallobanua.com, BANJARMASIN - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Banjarmasin rencananya bakal memindahkan Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) yang berada di lantai dasar Gedung Menara Pandang Siring Tendean Banjarmasin, ke ruang publik seperti  Mall Pelayanan Publik (MPP) atau Unit Pelaksana Teknis (UPT) di Kecamatan. 

Menurut Kepala Disdukcapil Banjarmasin, Yusna Irawan,  saat ini ADM milik Dukcapil tersebut tidak difungsikan sementara waktu. 

Bukan tanpa alasan, karena adanya proses integrasi dasar dari Pemerintah Pusat, semenjak diberlakukannya Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) Terpusat sejak 19 Mei 2022 lalu. 

"Jadi sementara distop, sambil menunggu proses integrasi data dari server ke ADM," ungkap Yusna Kamis, (07/07/22). 

Ia pun menghimbau untuk warga yang melakukan pengurusan cetak KTP, KIA dan Kartu Keluarga (KK), dapat melakukannya di Kantor Dukcapil atau di UPT terdekat. 

"Prosesnya sama, cepat juga. Jadi silakan masyarakat yang mau cetak ulang KTP atau KK di UPT,"katanya. 

Meski begitu, Ia menerangkan, bahwa dalam dua pekan kedepan akan dilakukan pengaturan mesin ADM. Namun hanya  untuk cetak Kartu Identitas Anak (KIA) dan Akta Kelahiran. 

"Jadi sistem barcode bisa langsung cetak disana,"pungkasnya. 

Ia mengakui, selama ini proses pencetakan identitas kependudukan melalui mesin ADM terbilang cukup panjang, mengingat, sebelum bisa mencetak KTP maupun KK, warga harus mendapatkan PIN dari Disdukcapil. 

"Kasihan warga harus bolak-balik. Maka kita sarankan ke UPT saja. Yang jelas, kalau proses integrasi selesai maka akan kita fungsikan lagi," tutupnya. 

rian akhmad/ may

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya