Retail Modern Mau Masuk Ke Tabalong, Diskopukmperindag : Kami Khawatir Retail Lokal Mati

hallobanua.com, TANJUNG - Kepala Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan (Diskopukmperindag) Tabalong, Husin Ansari mengungkapkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tabalong menerima surat dari salah satu retail modern berskala nasional Indomaret. Pemkab Tabalong menerima surat tersebut pada 6 Juni 2022 lalu. 

"Dalam surat itu, Indomaret meminta ijin untuk mendirikan toko retail modern di lima titik yang ada di Tabalong. Mereka mengajukan ingin membuka di lima titik di kabupaten tabalong," ucapnya usai mengikuti rapat koordinasi (Rakor) permohonan pembukaan gerai baru minimarket Indomaret sekaligus mitra usaha Pemerintah Kabupaten Tabalong dengan pemilik minimarket dan toko sembilan bahan pokok di Wisma Tamu Bersinar, Pembataan, Selasa (19/07/2022). 

Hingga saat ini pihak Diskopukmperindag Tabalong belum dapat memberikan jawaban pasti atas surat tersebut karena masih dipelajari oleh pihaknya. 

Dari sisi perijinan sebenarnya tidak ada masalah, tapi tentu dalam perijinan juga ada komitmen - komitmen yang harus dipenuhi pelaku usaha. 

"Itulah yang kami coba untuk bisa mempelajarinya lebih detail lagi. Selain itu, dalam waktu dekat kami juga akan segera membuat suatu regulasi bersama SKPD lain tentang berdirinya gerai retail modern," katanya. 

Hal itu juga menurutnya, untuk melindungi pelaku usaha mikro serta toko retail lokal yang sudah terlebih dahulu ada di Tabalong. 

"Kami khawatir ketika retail modern nasional ada masuk di tempat kita umkm atau toko - toko retail yang ada ini akan mati. Kami tidak ingin satu berdiri tapi mematikan yang lain," ungkap Husin. 

Sementara itu, hasil dari rakor pada hari ini, Diskopukmperindag Tabalong mendapat amanah dari Bupati Tabalong dalam waktu dua bulan ke depan untuk membenahi toko retail lokal yang sudah ada. 

Pembenahan itu dilakukan mulai dari penampilan gerai, layanan, harga dan lain - lainnya. 

"Kami akan menyiapkan dulu secara desain dan sebagainya," ucap Husin. 

Husin menuturkan, dalam waktu 2 bulan ini, akan memaksimalkan gerai retail lokal dan pelaku umkm yang ada di Tabalong. 

"Jadi niat kami bersama - sama agar umkm di Tabalong ini tetap bisa eksis," ujarnya. 

Selanjutnya, jika dalam waktu 2 bulan pembenahan sudah dilakukan dan rampung, Husin menambahkan pihaknya akan melayangkan surat ke retail modern nasional. 

"Nanti setelah dua bulan ini sudah bagus dari sisi layanan dan sebagainya kita akan menyampaikan kepada retail nasional itu bahwa di Tabalong sudah siap dan sudah cukup toko retail yang ada," jelas Husin. 

Is/ may
Tabalong
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya