304 Atlet Panahan Berlaga di Festival Paman Birin Achery Cup 2022

hallobanua.com, BANJARBARU - Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) H.Sahbirin Noor membuka Festival Olahraga Tradisional Paman Biarin Achery Cup Tahun 2022, di halaman Panahan, Banjarbaru (25/8/2022). 

Sekitar 304 Atlet panahan dari 35 club panahan mengikuti ajang bergengsi yang diselenggarakan Dinas ESDM Kalsel. 

Festival diselenggarakan mulai dari 25 -28 agustus 2022 diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Jadi Propinsi ke 72 serta HUT Proklamasi ke 77. 

Pembukaan festival ditandai dengan aksi jitu memanah Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) H.Sahbirin Noor yang tepat sasaran. 

Dalam sambutannya, Gubernur Sahbirin Noor menyampaikan agar turnamen ini dapat menjaring atlet panahan berprestasi sehingga dapat mengharumkan nama Kalsel pada ajang PON tahun 2024. 

Ia mengatakan, dengan dilaksanakan turnamen panahanan tersebut diharapkan olahraga panahan dapat semakin dikenal dan diminati oleh masyarakat serta meningkatkan prestasi olahraga panahan di banua. 

"Kini olahraga panahan mulai populetlr dan diminati masyarakat, " kata Sahbirin Noor yang akrab dipanggil Paman Birin. 

Tak lupa, Paman Birin juga memberikan apresiasi kepada Dinas ESDM Kalsel yang telah mampu menggelar turnamen sehingga dapat menambah lagi peminat dan klub atau perkumpulan olahraga manah di Kalsel. 

"Diharapkan ke depan, olahraga memanah dapat terus menunjukkan progres peningkatan, baik dari segi pembinaan maupun prestasi sehingga menjadi semangat bagi atlet panahan dalam memajukan olahraga tradisional, "katanya. 

Ia berharap, melalui turnamen ini menjadi peluang bagus bagi para atlet panahan menunjukkan kemampuan terbaiknya. 

“Karena melalui turnamen ini, selain berkesempatan untuk meraih prestasi terbaik, juga dapat menjadi wahana untuk penjaringan bibit-bibit atlet yang potensial, profesional dan mampu meraih prestasi yang setinggi-tingginya,” ungkapnya. 

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kalsel, Hermansyah juga memberikan apresiasi tinggi terhadap turnamen panahan paman birin cup ini. 

Ia juga senang karena ternyata pesertanya tidak hanya Kalsel saja terapi ada dari Kalteng dan Kaltim. 

“Jadi animo peserta panahan banua luar biasa dan kemajuannya sangat pesat terbukti ada 300 atlet mengikuti kegiatan hari ini,” kata Hermansyah. 

Ia berharap dari turnamen panahan ini nantinya akan muncul bibit-bibit atlet panahan banua yang nanti akan bisa membawa nama baik kalsel khusus pada saat PON 2024. 

“Kita berharap even ini menjadi ajang pembinaan atlet sehingga atlet juara terbaik nanti diseleksi lagi untuk menjadi atlet panahan banua kalsel,” ucapnya. 

Sementara, Panitia Pelaksana, Nor Bambang menambahkan, sebanyak 304 atlet berlaga dengan berbagai kategori. 

Adapun kategori yang dipertandingan pada event ini yaitu Standarbow U10, Standarbow U12, Standarbow U15, Standarbow Nasional, Recurve Nasional, Fullset Umum 20m, Compound Nasional, Barebow Nasional 50m, Barebow Umum 20m. 

Dya/ may
Kalsel
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya