Ini Upaya Dispersip Kalsel Untuk Dapatkan Akreditasi Bagi Puluhan Pengelola Perpustakaan

 
hallobanua.com, BANJARBARU- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalimantan Selatan (Kalsel) melakukan kunjungan ke Kota Banjarbaru dalam rangka pembinaan perpustakaan di daerah, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel). 

Dikegiatan itu Dispersip Kalsel memberikan pembinaan kepada 50 perwakilan pengelola perpustakaan sekolah mulai dari tingkat SD, SMP dan SMA se-Kota Banjarbaru pada Rabu (03/08/22). 

Kadispersip Kalsel, Nurliani Dardie diwakili Kepala Bidang Pelayanan dan Pembinaan Dispersip Kalsel, Wildan Akhyar mengatakan, pembinaan ini penting dalam memperkuat kapasitas sumber daya manusia pengelola perpustakaan yang ada di tingkat kabupaten/kota agar bisa mendapatkan akreditasi. 

“Jadi melalui kegiatan ini kita ingin menambah ilmu pengetahuan, dan berbagi pengalaman kepada pengelola perpustakaan yang ada di setiap kabupaten/kota agar bisa mengikuti akreditasi,” ungkap Wildan, Rabu (03/08/22). 

Ia bilang, sejauh ini ada sekitar 124 perpustakaan baik tingkat kabupaten/kota, sekolahan, perguruan tinggi, instansi, desa ataupun kecamatan di Kalsel yang telah terakreditasi. 

Pihaknya pun kata Wildan, berkomitmen untuk terus menambah jumlah perpustakaan yang terakreditasi di Kalsel. 

Yakni dengan cara melakukan sejumlah program pembinaan kepada pengelola perpustakaan di kabupaten/kota. 

“Memang setiap tahun ada kesempatan bagi perpustakaan-perpustakaan di Kalsel untuk diakreditasi. Biasanya kami tawarkan kepada perpustakaan yang memang sudah siap untuk diakreditasi. Oleh karena itu, kami akan mencoba mengunjungi setiap kabupaten/kota untuk memprovokasi dan memotivasi mereka agar menyiapkan diri mengikuti akreditasi,”urainya. 

Adapun yang menjadi indikator dalam kesiapan mengikuti akreditasi ini, menurut Wildan, diantaranya jumlah koleksi buku, infrastruktur sarana pelayanan dan sumber daya manusia. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kalsel
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya