Kapal Pengangkut Semen Tenggelam, 11 Korban Tenggelam Masih Dilakukan Pencarian

 
hallobanua.com, BANJARBARU – Musibah kapal tenggelam, yakni KM. Teman Niaga di sekitar selat Makasaar,  membuat belasan penumpang hingga kini masih dilakukan prosea pencarian oleh  Tim Basarnas Banjarmasin. 

Diketahui, Kapal KM. Teman Niaga merupakan kapal tipe Bulk Carrier/curah yang bermuatan semen dengan POB 15 Orang. 

Menurut Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin Al Amrad, kapal itu diketahu hendak berlayar dari rute dari Kotabaru (Tarjun) menuju Waikelo dan dijadwalkan singgah di biringkasi untuk bangker. 

“Kami terima info pada hari jumat 26 Agustus 2022 pukul 19.20 Wita dari agen kapal bahwa pada Hari Kamis 25 Agustus 2022 pukul 16.00 Wita," ungkapnya. 

"Ada 4 orang korban KM. Teman Niaga diselamatkan Kapal Dharma Fery 3 yang sedang berlayar dari Pare – Pare menuju Batulicin," lanjutnya. 

Ia bilang, para korban berhasil dievakuasi . Saat itu, terlihat 4 orang yang berada diatas skoci dengan kondisi terbalik milik kapal KM. Teman Niaga. 

"Kemudian korban dievakuasi ke atas Kapal Dharma Fery 3 dan dibawa ke Pelabuhan Samudra Batulicin selanjutnya di evakuasi ke Rumah Sakit Marina Permata Batulicin,"jelasnya. 

Dari keterangan Muhdi Mufazan, salah satu korban yang selamat, pada hari senin malam tanggal 22 Agustus 2022 sekitar pukul 22.00 Wita Kapal KM Teman Niaga tenggelam yang diakibatkan cuaca buruk. 

Lantas, KN SAR Laksmana 241 pun dikerahkan guna melakukan proses pencarian terhadap 11 orang korban yang masih belum diketemukan. Penyisiran dilakukan sejauh 85 NM di sekitar lokasi penemuan korban. 

Poses pencarian sempat terkendal lantaran gelombang yang cukup tinggi di tengah laut. Yaitu sekitar 1,5 sampai 2 meter. 

"Akan tetapi itu tidak mengendurkan proses pencarian kami. Kami terus melakukan penyisiran dengan mengacu kepada SAR MAP Prediction, yaitu aplikasi yang dapat memperkirakan keberadaan atau arah pergerakan si korban dengan memperhitungkan angin serta gelombang," pungkas Nahkoda KN SAR Laksmana 241, Jahrudin. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kalsel
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya