Meriahkan Kemerdekaan, Damkar, Ambulan dan Kapal Bakal Bunyikan Klakson dan Sirine di Detik-detik HUT RI

hallobanua.com, BANJARMASIN - Peringatan Hari Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2022 mendatang, Pemko Banjarmasin meminta masyarakat Kota Banjarmasin, untuk ikut menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) RI. 

Salah satunya, dengan membunyikan klakson atau sirine oleh Pemadam Kebakaran (Damkar) se Banjarmasin serta kepada para pengendara di darat maupun sungai. 

Analis Kebijakan Ahli Muda Sub Koordinator Administrasi Pemerintahan Umum di Setdako Banjarmasin, Umar menjelaksan, berdasarkan hasil rapat terakhir, armada damkar, Dinas Perhubungan (Dishub), pihak puskesmas, juga kantor Kesyahbandaran dan otoritas pelabuhan (KSOP) pun juga diminta untuk memeriahkannya. 

"KSOP sebagai penanganan wilayah pelabuhan, diminta mengimbau ke nakhoda kapal yang bersandar, pada saat detik-detik proklamasi, kapal yang sandar mesti membunyikan klaksonnya. Itu berlangsung selama tiga menit," ujarnya belum lama tadi di Balai Kota. 

Tidak hanya itu, hal serupa juga berlaku untuk armada damkar, dan pihak puskesmas, agar membunyikan sirine armada ambulansnya. 

"Sedangkan Dishub, nantinya berjaga di seluruh ruas jalan. Ketika detik-detik proklamasi dikumandangkan, maka lalu lintas sementara dihentikan. Itu berlangsung sedari pukul 10.17 hingga pukul 10.20 Wita," tuturnya. 

Pengecualian hanya berlaku apabila penghentian aktivitas lalu lintas justru berpotensi membahayakan diri dan orang lain apabila dihentikan. 

"Misalnya, ambulans yang mengantar pasien atau pemadam kebakaran yang sedang menjalankan tugas. Kan tidak mungkin dihentikan," urainya. 

Selain itu, sebelum hari peringatan, di Balai Kota, Pemko akan menggelar ramah tamah pada tanggal 15 Agustus, bersama dengan para pejuang Veteran di Kota seribu Sungai. 

"Nantinya, diisi dengan pembagian 40 paket berisi sembako dukungan dari Bank Kalsel," pungkasnya. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya