Sidak DPRD, Pencemaran Lingkungan ke SDN Antasan Besar 7 Diduga Kuat Bersumber dari Hotel Pyramid Suites


Hallobanua.com, BANJARMASIN - Dari hasil sidak Komisi 3 dan 4 DPRD Kota Banjarmasin, ditemukan pembuangan limbah di Pyramid Suites Hotel & Armani Club Eksekutif tidak maksimal. 

Temuan dewan bersama Disdik Kota Banjarmasin itu,  cukup menguatkan dugaan hasil pembuangan limbah dari hotel itu merembes ke lingkungan SDN Antasan Besar 7. 

Menurut anggota Komisi 3 DPRD Kota Banjarmasin, Hendra, di SDN Antasan Besar 7 pada Kamis (11/08/22) pagi, mereka menyebut pembuangan limbah dduga kuat berasal dari aktivitas Pyramid Suites Hotel & Armani Club Eksekutif. 

Saat sidak kata Hendra ditemukan juga 
safety tank dalam keadaan terbuka. 

"Kondisi itu membuat pencemaran dan menimbulkan bau. Akibatnya banyak siswa yang muntah. Walaupun sudah ada kerjasama dengan Perum PALD, tapi tidak bisa diselesaikan secara tuntas," kata Hendra. 

Atas temuan itu, lantas  pihaknya pun mendesak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Banjarmasin untuk menghubungi pihak manajemen bersangkutan guna menyelesaikan persoalan itu. 

"Kita minta DLH untuk segera memanggil terkait izin dan lain lain. Bahkan kalau kita lihat Analisis Mengenai Dampak Lingkungan Hidup (AMDAL) nya saja bermasalah. Kalau memang ditemukan pelanggaran harus siap diberikan sangsi," tegasnya. 

Hendra pun menekankan, jika dalam seminggu DLH tidak juga bisa menyelesaikan persoalan itu, maka pihaknya akan memanggil manajemen Pyramid Suites Hotel & Armani Club Eksekutif. 

"Kita harus tegas dengan masalah seperti ini. Ancamannya pun tidak main-main, penutupan operasional. Kita akan evaluasi semua izin-izinnya," pungkasnya. 

Sementara itu, Kepala DLH Banjarmasin Alive Yoesfah Love mengaku, saat ini pihaknya masih terus menunggu hasil lab dari sample air yang diambil dari bangunan samping sekolah yang mengeluarkan bau tak sedap sejak tahun 2018. 

"Kalau memang ada, akan ada tahapan peringatan pertama, kedua, hingga ke empat. Misalkan mereka tidak bisa juga maka akan kami sarankan membuat safety tank yang aman untuk lingkungan," tutupnya Kepala DLH Kota Banjarmasin itu melalui sambungan telepon. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya