Wali Kota Banjarmasin Ternyata Jago Juga Main Trompah


hallobanua.com, BANJARMASIN- Disbudporapar Banjarmasin, bersama Kormi Banjarmasin menggelar ajang Festival Kampung Bermain, di Balai Kota Banjarmasin pada Sabtu, (20/08/22). 

Kegiatan yang langsung dibuka Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina bersama jajaran SKPD Lingkup Pemko Banjarmasin itu, juga turut menggelar lomba permainan tradisional. 

Dari pantauan, terlihat Wali Kota beserta jajaran SKPD turut mencoba dan mengikuti perlombaan tradisional, seperti tarik tambang, egrang dan trompah. 

Bahkan, keseruan kegiatan terlihat saat pimpinan Kota Baiman bersama jajaran melaksanakan lomba tarik tambang dan trompah. 

"Ini permainan saya waktu anak-anak dulu," ujar Sekda Kota Banjarmasin, Ikhsan Budiman saat mencoba permainan egrang. 

Menurutnya, mencoba olahraga egrang ini susah-susah gampang untuk melakukan keseimbangan diri. 

Setidaknya ada 500 peserta lebih yang terdiri dari umum maupun dari komunitas kampung bermain di Kota Seribu Sungai, mengikuti lomba-loba bertemakan permaina tradisional. 

"Lomba ini dilaksanakan dalam rangka memperingat HUT Kemerdekaan RI ke 77 Tahun 2022 dan Hari jadi Kota Banjarmasin ke 496," ungkap Ibnu Sina, Sabtu, (20/08/22). 

Ibnu memaparkan, kegiatan itu turut melombakan berbagai Induk Olahraga (Inorga) tradisional seperti Badaku, Bagasing, Egrang, Trompah, Tarik Tambang, Balogo dan Hadang atau Asisan. 

"Ini tentunya difasilitasi Disbudporapar Banjarmasin dan tentunya, banyak hadiah menarik. Totalnya ratusan juta," ujarnya. 

Dengan adanya kegiatan olahraga tradisional ini, Pucuk Pimpinan Kota Kayuh Baimbai itu berharap, bisa menjadi daya tarik masyarakat. 

"Ini kita pusatnya kita laksanakan di Balai kota, tapi di beberapa kelurahan juga dilaksanakan," pungkasnya. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya