Bupati Batola Pimpin Upacara Harhubnas 2022

hallobanua.com, MARABAHAN - Momentum Peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) tahun 2022 memberi secercah harapan bagi rakyat Indonesia. Pasalnya di peringatan kali ini geliat sektor perhubungan nasional mulai mengalami masa pemulihan akibat meredanya serangan wabah Covid-19. 

“Banyak negara mengalami krisis ekonomi dengan tingkat inflasi yang melambung tinggi. Namun kita patut bersyukur Indonesia termasuk negara yang mampu menghadapi krisis global,” tutur Bupati Hj Noormiliyani AS saat membacakan sambutan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada Peringatan Harhubnas Tingkat Kabupaten Barito Kuala (Batola) di Halaman Setdakab Batola, Senin (19/09/2022). 

Peringatan Harhubnas di Batola ini juga dihadiri Wakil Bupati H Rahmadian Noor, Ketua DPRD Saleh, Sekda H Zulkipli Yadi Noor, anggota forkopimda beserta para isteri, para pimpinan SKPD, dan seluruh ASN lingkup Pemkab Batola. 

Berdasarkan data BPS, sektor transportasi menunjukan pertumbuhan 21,27 persen di kuartal kedua 2022 dengan memberi sumbangan positif pertumbuhan ekonomi nasional mencapai 5,44 persen. 

Pencapaian ini, lanjut menteri, harus disyukuri bersama mengingat di tengah berbagai tantangan ternyata sektor transportasi masih memberikan kontribusi yang berarti bagi bangsa Indonesia. 

Untuk itu menteri menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh insan transportasi dimana pun berada baik yang bertugas di kota, desa, di perbatasan dan pulau-pulau terpencil yang telah mengabdi demi menjaga konektifitas di seluruh penjuru negeri. 

Pada bagian lain, Menhub Budi Karya Sumadi juga menerangkan, di tengah pencapaian yang baik ini harus diakui masih banyak yang harus dituntaskan dalam meningkatkan konektifitas di seluruh nusantara. 

Salah satunya masih banyaknya pekerjaan rumah untuk meningkatkan keselamatan transportasi, perlu lebih agresif lagi dalam menciptakan integrasi antar moda tranportasi di seluruh Indonesia dan tantangan-tantangan lainnya. 

“Tantangan ini tidak bisa kita hadapi tanpa kolaborasi, sinergi antar pemangku kepentingan di sektor tranportasi,” ujarnya sembari menyatakan, oleh karenanya hari perhubungan tahun ini mengambil tema “Bangkit Maju Bersama.”  

Menteri menyatakan, Indonesia tak akan cepat bangkit jika tidak bersatu sesuai pepatah yang menyatakan “Sebatang lidi akan mudah patah tapi segenggam lidi akan sulit diruntuhkan.” 

Begitu juga seluruh stakeholder, lanjutnya, harus berkolaborasi bahu membahu untuk membangkitkan kembali sektor transportasi sesuai peran masing-masing untuk menopang berbagai sektor kehidupan masyarakat yang akan berdampak terwujudnya masyarakat adil dan makmur sesuai cita-cita bersama. 

Prosesi Harhubnas di Kabupaten Barito Kuala ini ditandai pengibaran sang merah putih dari petugas Dishub dan pembacaan teks Pancasila yang dipimpin Pembina Upacara Hj Noormiliyani AS.

Sol/may
Batola
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya