Gedung Dewan Diperbaiki, Sidang Paripurna Harjad ke 406 Kota Banjarmasin Digelar di Hotel

 

hallobanua.com, BANJARMASIN - Ketua DPRD Kota Banjarmasin H.Harry Wijaya memimpin rapat paripurna dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota Banjarmasin ke-496 tahun, di salah satu ballroom Hotel Rattan Inn, Senin (26/9/2022). 

Sidang istimewa tersebut dihadiri seluruh anggota pimpinan DPRD Kota Banjarmasin, Wali Kota Banjarmasin H. Ibnu Sina, Wakil Walikota H. Arifin Noor, Forkopimda kota Banjarmasin dan para undangan. 

Harry menjelaskan, rapat paripurna kali ini berbeda dari tahun sebelumnya dimana pelaksanaan dilakukan di hotel.  

Hal tersebut lantaran saat ini masih dilakukan pembangunan Gedung tambahan DPRD kota Banjarmasin. 

"Karena kondisi tersebut, tak mungkin memaksakan melaksanakan sidang paripurna di aula DPRD, "jelasnya. 

Pembangunan gedung dewan disampingnya akan sangat menghambat kegiatan paripurna karena tamu undangan yang cukup banyak. 

"Belum lagi parkirnya, halaman gedung dewan yang biasanya digunakan parkir juga ditutup karena adanya proyek pembangunan, "katanya. 

Meski demikian, Harry Wijaya mengatakan bahwa momentum ini tak merubah makna dari peringatan hari jadi kota Banjarmasin. Di usia yang ke 496 tahun, kota Banjarmasin semakin cantik.  

Perbaikan infrastruktur, sarana dan pelayanan publik hingga banyaknya destinasi wisata diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi ekonomi masyarakat. 

DPRD bersama pemko Banjarmasin tetap saling komunikasi dan terus bersinergi dalam setiap pembangunan demi terwujudnya kota yang Baiman  Bauntung Batuah  

"Dengan misi menjadikan kota Banjarmasin Baiman, Bauntung Batuah, kami DPRD dan pemko berkomitmen saling sinergi dalam pembangunan, "katanya. 

Diharapkan, dengan usianya yang hampir lima abad ini dapat terus melahirkan karya -karya pembangunan yang akan menjadi tonggak sejarah pembangunan bagi generasi masa depan.   

Wali Kota Banjarmasin H.Ibnu Sina mengatakan, di usia kota Banjarmasin ke- 496 mengangkat tema Banjarmasin Baiman Bauntung Batuah. 

Makna dari tema tersebut, besar harapan dalam pembangunan ke depan yakni Baiman adalah kota yang Barasih wan nyaman, Bauntung harapannya selalu dilimpahkan bauntung dalam berusaha bagi warganya, pulih dari pandemi serta Batuah berkah dari alim.ulama, tokoh agama guru agama dan tetuhanya dalam membangun kota Banjarmasin 
Kota sungai Banjarmasin kini telah menjadi kota Metropolitan namun jangan sampai ketinggalan dalam pembangunanya. 

"Boleh tua umur kotanya namun kita semua harus mengikuti perkembangan zaman dan kota kita menjadi kota yang maju ke depan, "tutur Ibnu Sina. 

Ibnu mengungkapkan bahwa impian kota Banjarmasin menjadi pintu gerbang ekonomi Kalimantan mulai terwujud. 

Terlebih ketika Ibukota Nusantara  (IKN) ditetapkan di Kalimantan Timur yang akan memberikan dampak positif bagi Kalimantan Selatan khususnya kota Banjarmasin. " 

"Fokus pembangunan ke depan yakni menyelesaikan program -program pembangunan yang sudah terencana,"katanya . 

Karenanya, pemko bersama jajarannya terus bertekad untuk menuntaskan visi misi kota Baiman. 

Apalagi seiringi dengan makin berkembangnya kota tantangan pembangunan semakin besar sehingga masih banyak pekerjaan rumah (Pr) yang harus dituntaskan hingga tahun 2024. 

Ibnu juga mengatakan pelaksanan sidang paripurna tahun 2022 ini berbeda dari perayaan sebelumnya. Pada tahun 2021 lalu dirayakan tepat tanggal 24 September dan acara paripurna satu hari sebelumnya. 

Namun kota Banjarmasin  menjadi tuan rumah rakor Apeksi Walikota sekalimantan sehingga peringatan hari jadi tertunda satu pekan. 

Meski demikian, ia berharap dengan ini agar menjadikan harjad sebagai momentum untuk pulih dan bangkit lebih cepat. 

Dan sebagai upaya memulihkan dunia usaha, perekonomian rakyat semua pihak bersinergi untuk menyukseskan amanat Presiden RI untuk bangga buatan Indonesia dengan mengangkat produk lokal. 

"Event Banjarmasin sasirangan sebagai upaya pemko dalam mengangkat produk lokal menjadi produk kebanggaan warga Kalsel, "kata Ibnu Sina. 

Dya/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya