Ladies Program Rakerwil APEKSI Ajarkan Praktik Pembuatan Saco dan Tinjau Festival Anggrek Seribu Sungai


hallobanua.com, BANJARMASIN - Praktik pembuatan Saco (Sasirangan Eco Print) dilaksanakan menjadi salah satu agenda Ladies Program, yang merupakan bagian dari rangkaian Rakerwil Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) Komwil V, Regional Kalimantan, di Halaman Kantor DKP3 (Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan) Kota Banjarmasin, Kamis (29/09/22). 

Yang menjadi daya tarik dalam praktik tersebut adalah proses pembuatannya, dengan menggunakan dedaunan segar yang dipetik langsung dari pohonnya. 

Dedaunan tersebut kemudian dicetak pada kain sasirangan dengan melakukan teknik pounding (mengetuk) hingga muncul motif yang diinginkan. 

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Ketua DPC PAI (Perhimpunan Anggrek Indonesia) Kota Banjarmasin, Hj Siti Wasilah, didampingi Wakil Ketua DPC PAI Kota Banjarmasin, Hj Hardiyanti dan Ketua DWP (Dharma Wanita Persatuan Kota Banjarmasin, Rusdiati. 

Adapun rangkaian kegiatan dalam Ladies Program tersebut diantaranya adalah praktik pembuatan Sasirangan Eco Print bersama wirausahawan muda Kantan Sasirangan, Sandi Agustinus. 

Tak hanya itu kegiatan juga turut melihat bermacam jenis anggrek dalam Festival Anggrek Seribu Sungai, serta melihat landscape anggrek peserta lomba dari berbagai daerah di Kalimantan Selatan. 

Ketua DPC PAI Kota Banjarmasin, Hj Siti Wasilah, dengan diadakannya kegiatan ini, ia berharap semoga pengalaman ini dapat menjadi inspirasi serta ajang silaturahmi bagi kota-kota peserta Rakerwil APEKSI kali ini. 

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Ketua Dekranasda Kota Bontang, Wakil Ketua Dekranasda Kota Pontianak, serta sejumlah perwakilan dari Dinas daerah terkait peserta Rakerwil APEKSI Regional V Kalimantan. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya