Lagi! Bangunan Ambles Timpa Rumah Warga


hallobanua.com, BANJARMASIN - Sebuah ruko  2 lantai  dan 4 pintu ambles di kawasan Jl. Lingkar Dalam Selatan, Kelurahan Pekapuran Raya, RT. 28, RW.02, Kecamatan Banjarmasin Selatan pada Rabu, (07/09/22) tadi malam sekitar pukul 21.00 Wita. 

Amblesnya ruko tersebut mengenai salah satu rumah warga yang berada dibelakangnya. 

Supervisor Pusdal Ops BPBD Banjarmasin, Dayat menuturkan, hampir ambruknya ruko itu, membuat pihaknya langsung melakukan evakuasi 1 keluarga di rumah tersebut. 

"Kita langsung lakukan evakuasi tadi malam baik barang maupun jiwa yang berada dirumah itu," ungkapnya di Markas BPBD Banjarmasin, Kamis, (08/09/22). 
Dari pengamatan pihaknya, amblesnya ruko 4 pintu tersebut diduga karena pondasi yang patah. 

"Di lapangan itu memang ada retakan di pondasi bawah. Jadi pondasi bawah itu hancur dan ruko ambles ke belakang menimpa rumah,"jelasnya. 

Benar saja, dari pantauan dilapangan, terlihat ruko 2 tingkat itu ambles kebelakang. Pondasi penahan bangunan pun terlihat ambruk. 

Padahal ruko itu diketahui baru saja selesai dibangun. 

"Memang kalau dilihat bangunan itu baru, tapi kondisi pondasi itu kemungkinan sudah lama," urainya. 

Selanjutnya, ia pun menyarankan agar pemilik ruko segera melakukan pembongkaran bangunan tersebut, agar tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan. 

"Karena tidak mungkin lagi ditempati, jadi itu harus dibongkar," tutupnya. 

Diketahui sebelumnya, amblesnya rumah warga juga terjadi di kawasan Kidaung Permai, Jl. S Parman Banjarmasin, Rabu malam tadi. 

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya