Lomba Desain Motif Sasirangan, Resmi Berlangsung

 

hallobanua.com, BANJARMASIN- Dalam rangka  memeriahkan Hari Jadi Kota Banjarmasin ke-496, Pemko Banjarmasin gelar Lomba Desain Motif Sasirangan Kota Banjarmasin 2022, pada Rabu (14/09/22) di Showroom Dekranasda, Rumah Anno 1952 . 

Kegiatan turut dihadiri Ketua Dekranasda Kota Banjarmasin, Hj Siti Wasilah didampingi Ketua Harian Dekranasda Kota Banjarmasin, Ichrom Muftezar dan Wakil Ketua Harian Dekranasda Kota Banjarmasin, Rusdiati. 

Diketahui, kegiatan tersebut juga merupakan bagian dari Banjarmasin Sasirangan Festival ke-6. 

Dalam kesempatan itu, Hj Siti Wasilah, yang juga merupakan salah satu dewan juri menyampaikan bahwa pada tahun ini Lomba Desain Motif Sasirangan Kota Banjarmasin 2022 diikuti sebanyak 35 peserta dengan 8 peserta dalam kategori warna alam, serta 27 peserta dalam kategori pewarna tekstil. 

"Tema yang diangkat dalam lomba tahun ini adalah ukiran khas banjar, yang mana para pengrajin harus memiliki kemampuan teknis menyirang, teknik pewarnaan, serta wawasan budaya banjar mengenai ukiran ukiran khas banjar," ungkapnya. 

Dengan digelarnya lomba tersebut, ia pun berharap dapat menjadi sarana edukasi bagi masyarakat umum maupun pemuda-pemudi di Kota Banjarmasin yang mampu mendorong usaha kecil masyarakat. 

Selain itu, Hj Siti Wasilah juga menyampaikan bahwa pembinaan yang dilaksanakan akan terus berkelanjutan. 

"Kita ada kegiatan yang sifatnya workshop, kemudian ada juga forum diskusi yang harapan kita akan menjaring sebagai inspirasi dari para pengrajin, tentu saja didampingi dinas dinas terkait,"tuturnya. 

Wasilah juga menambahkan, bahwa saat ini fokus pemasaran sasirangan Kota Banjarmasin adalah di pasar nasional. 

"Diantaranya adalah dengan beberapa kali berkolaborasi bersama desainer nasional, terutama dalam BSF (Banjarmasin Sasirangan Festival) untuk mengenalkan sasirangan Kota Banjarmasin ke tingkat internasional," urainya. 

"Ditambah lagi dengan adanya binaan dari dinas perdagangan perindustrian dalam pelatihan ekspor yang membuka peluang bagi para pengrajin,"pungkas Wasilah. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya