Takluk Atas Persib Bandung, Barito Berada di Zona Degradasi

hallobanua.com, Bandung, - Posisi  Barito Putera kembali terpuruk setelah takluk atas Persib Bandung pada lanjutan pekan 11 BRI Liga 1 2022/2023. 

Bertandang di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung, pada Jumat (16/9/22) kemarin, Laskar Antasari harus mengakui keunggulan tuan rumah dengan skor 2-5. 

5 gol Persib yang bersarang ke gawang Barito Putera merupakan hasil kreasi David da Silva, Ciro Alves, Nick Kuipers, dan Henhen Herdiana. 

Sedangkan gol hiburan Barito tercipta melalui sundulan Buyung Ismu Lessy dan 'cocoran' Kahar Kalu di babak kedua. 

Drama kian lengkap hari itu, dengan kegagalan Renan Alves mengeksekusi tendangan 12 pas, setelah wasit menunjuk titik putih karena Buyung Ismu dijatuhkan Henhen di kotak terlarang. 

Bermain dengan skuat seadanya, Barito seolah kesulitan mengawali laga dibawah kendali Persib. 

Bahkan, Tuan rumah berhasil mencetak gol cepat saat laga baru berjalan 5 menit. David da Silva membawa Persib unggul 1-0 dengan sentuhannya saat menyambar bola yang gagal dihalau kiper Barito, Adhitya Harlan saat hendak memotong umpan datar. 

Sempat punya peluang untuk menyamakan kedudukan melalui Ferdiansyah yang langsung berhadapan dengan kiper Persib Reky Rahayu  namun kesempatan otu belum bisa dimanfaatkan. 

Tendangan pemain bernomor punggung 17 itu melebar tipis seusai menerobos pertahanan Persib pada menit ke-21. 

Alih-alih menyamakan angka, Barito justru kembali kebobolan di menit ke 31. Henhen yang berhasil lolos dari kawalan Frank Sokoy kembali berhasil melepaskan umpan ke tengah yang kemudian disambut dengan sontekan dari Ciro Alves. 

Kemelut didepan gawang tak terelakan sehingga bola bergulir masuk kedalam gawang Barito Putera yang dikawal Adhitya Harlan. 

Unggul 2 angka membuat Persib Bandung kian nyaman mendikte irama permainan. Menit ke 44,  tim berjuluk Maung Bandung itu kembali menyarangkan bola ke gawang Barito Putera. 

Kali ini, Ciro Alves yang menerima umpan dari Mark Klok berhasil lolos dari dari kawalan Frank Sokoy, dan melepaskan tendangan dengan kaki kanannya yang mengecoh penjaga gawang Barito Putera. 

Belum puas unggul 3-0 rupanya Persib Bandung kembali menambah gol di penghujung pertandingan. Tim asuhan Luis Mila ini kembali menggenapkan keunggulan menjadi 4-0. 

Umpan sepak pojok yang dilepaskan Mark Klok, berhasil disundul oleh Rachmat Irianto yang melambungkan bola kearah Nick Kuipers yang berdiri bebas tanpa pengawalan. 

Dengan mudah pemain belakang Persib Bandung ini menyundul bola kedalam gawang Barito Putera. 

Tertinggal 4 gol membuat Barito melakukan perubahan di awal babak kedua. Tiga pemain langsung diganti yakni Adhitya Harlan, Frank Sokoy dan Ferdiansyah, dengan memasukan Nor Halid, Rendi Saputra dan Ambrizal Umainailo. 

Masuknya tiga pemain tersebut langsung memberikan dampak signifikan pada pola permainan Barito. Hasilnya, Laskar Antasari mampu memperkecil ketertinggalan. 

Umpan silang yang dilepaskan Nazar Nurzaidin berhasil dimaksimalkan menjadi gol lewat sundulan Buyung Ismu di menit 56, yang membuat kedudukan menjadi 4-1. 

Berhasil menciptakan satu gol kegawang Persib Bandung, Barito Putera mulai bermain lebih menekan. Dan lagi-lagi Barito Putera berhasil memperkecil ketinggaln menjadi 4-2 empat menit berselang. 

Melalui skema yang sama, Nazar Nurzaidin yang melepaskan umpan silang berhasil disambut dengan tendangan first time oleh Buyung Ismu. 

Namun tendangan tersebut masih bisa dimentahkan, dan terjadi kemelut didepan gawang Persib Bandung, sontekan Mike Ott membuat bola mengarah kegaris gawang yang kemudian didorong dengan sliding oleh Kahar Muzakar, sehingga bola masuk kedalam gawang Reky Rahayu. 

Usai gol tersebut, pertandingan jadi semakin terbuka. Jual beli serangan kini diperagakan kedua tim, namun Persib Bandung kembali memperlebar kedudukan menjadi 5-2 di menit 68. 

Tendangan keras Henhen ke sudut sempit tidak bisa ditahan oleh penjaga gawang Barito Putera Nur Halid, sehingga membuat kedudukan menjadi 5-2 untuk keunggulan Persib Bandung. 

Di menit ke 82 Barito Putera sempat mendapatkan hadiah penalti setelah Henhen dianggap menarik Buyung Ismu didalam kotak terlarang. 

Namun, eksekusi yang diambil oleh Renan Alves tersebut rupanya masih belum bisa membuat skor berubah. Tendangan keras Renan Alves masih melambung tinggi diatas mistar gawang Reky Rahayu. 

Hingga wasit meniupkan peluit panjang, tanda berakhirnya pertandingan, keunggulan 5-2 Persib Bandung atas Barito Putera tidak berubah. 

Dengan kekalahan ini, memantapkan Barito Putera di Zona Degradasi BRI Liga 1 2022-2023 bersama Persik Kediri. 

Penulis : rian akhmad/ may
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya