ABK Keracunan, Polsek KPL Banjarmasin Respon Cepat Evakuasi

hallobanua.com, BANJARMASIN - Polsek Kawasan Pelabuhan dan Laut (KPL) respon cepat laporan adanya sejumlah Anak Buah Kapal (ABK) yang diduga keracunan saat berada dalam kapal ikan yang sandar di Pelabuhan Banjar Raya, Kota Banjarmasin pada Rabu (5/10/2022) malam. 

"Menanggapi laporan tersebut, Kepala Pos Polisi Aipda Fahruzzaini bersama tim langsung mendatangi lokasi pada pukul 23.00 Wita," tutur Kapolsek KPL Banjarmasin. Kamis (6/10/2022). 

Ketika petugas berada dilokasi kejadian, beberapa ABK sudah dalam keadaan pingsan yaitu Aman (32) warga Jalan Ir PM Noor, Gang Sekata Pelambuan, Awaluddin (25) ABK asal Provinsi Sulawesi Selatan dan Dayansyah (40) warga Desa Pulantan Kecamatan Aluh-Aluh Kabupaten Banjar Provinsi Kalsel. 

Berdasarkan keterangan saksi, Kompol Aryansyah menjelaskan bahwa KM Nidirian yang bermuatan ikan laut ini sandar di Pelabuhan Banjar Raya saat Senin (3/10/2022), pada Rabu (5/10/2022) ABK rampung melakukan bongkar muat ikan dan kemudian berencana membersihkan kapal setelahnya. 

Para korban diketahui pingsan karena terhirup gas yang diduga bocor dari dalam palka. 

"Saat salah satu korban bernama Aman memasuki palka terlebih dulu untuk membersihkan. Tiba-tiba dia ambruk ke lantai yang dan disusul korban lainnya yang ingin menolong atas nama Awaluddin dan Dayansyah," terangnya. 

"Para korban diduga terhirup aroma sisa sisa cairan pembersih di dalam palka yang mengakibatkan mereka jatuh pingsan," pungkasnya. 

Selanjutnya anggota Polsek KPL, bersama ABK lain dan warga sekitar Pelabuhan Banjar Raya langsung mengevakuasi ketiganya ke RS TPT Dr R Soeharsono Banjarmasin, untuk mendapatkan penanganan medis. 

Kris/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya