Dibuka Wapres Ma'ruf Amin, Opening Ceremony MTQ Berlangsung Meriah


hallobanua.com, KAB. BANJAR – Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional ke XXIX di Kalimantan Selatan (Kalsel) resmi dibuka secara langsung oleh Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin, Rabu (12/10/22) tadi malam. 

Acara pembukaan MTQ Nasional XXIX di Astaka Utama Kiram Park, Kabupaten Banjar itu dimulai dengan beberapa penampilan khas Banjar seperti musik panting, tari adat Banjar dan beberapa tampilan lainnya. 

Pembukaan juga dimulai dengan menampilkan devile kafilah dari 34 provinsi peserta MTQ Nasional lengkap menggunakan baju adat masing-masing provinsi seluruh Indonesia. 

Dalam sambutannya Wapres Ma'ruf Amin,  mengatakan, MTQ telah memberikan dampak yang besar dalam membangun kecintaan masyarakat terhadap Al-Qur'an. 

Hal ini dapat terlihat dari pesantren Qur'an dan lembaga penghafal Al-Qur'an yang mengalami kenaikan singfinikan setiap tahunnya. 

Oleh karena itu, ke depan kata dia pelaksanaan MTQ diharapkan tidak hanya menjadi acara seremonial saja, namun juga menjadi sarana untuk meningkatkan kesadaran beragama yang lebih humanis. 

"Saya mengharapkan MTQ tidak semata-mata wahana untuk berlatih dan berlomba membaca Al-Qur’an, tetapi juga mengedukasi umat untuk semakin mencintai dan membumikan Al-Qur’an," ujarnya, Rabu malam (12/10/22). 

"MTQ diharapkan meningkatkan kesadaran beragama yang lebih humanis dan terbuka, selain juga sebagai bentuk dakwah untuk menyempurnakan akhlak kaum muslimin dan muslimah," sambungnya. 

Lebih lanjut Wapres menyampaikan, selain sebagai ajang perlombaan untuk menjadi juara, momen ini juga baik untuk menjadi forum memperkuat tali silaturahmi antarumat. 

"Saya optimis, MTQ dapat terus dilaksanakan dalam rangka memperkokoh silaturrahim dan kebersamaan, sehingga dapat bersinergi membangun keberagaman, perekonomian bangsa, dan kesejahteraan rakyat menuju Indonesia Maju," jelas Wapres. 

Sementara itu, Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) , H Sahbirin Noor menyampaikan harapannya agar penyelenggaraan MTQ Nasional ke-29 Tahun 2022 ini tidak hanya sukses secara penyelenggaraannya namun juga semakin memupuk ketakwaan dan keIslaman seluruh umat muslim di Indonesia. 

"Bagi masyarakat dan Pemprov Kalsel memegang tanggung jawab besar dalam menyukseskan MTQ. Baik sukses dari sisi penyelenggaraan dan prestasi bagi Kalsel dan Indonesia. Lebih dari itu, tentu substansi dan makna MTQ di Kalsel di kiranya menggerakkan seluruh umat Islam untuk lebih mencintai Islam," ujar Sahbirin Noor. 

Ia juga berharap, sukses penyelenggaraan MTQ Nasional ini bukan hanya untuk Kalimantan Selatan, tapi sukses untuk Indonesia. 

"Karena kita berhasil menjaga tradisi peradaban Islam dengan MTQ," pungkasnya. 

Dari informasi didapat, MTQ Tingkat Nasional ke-29 Tahun 2022 diikuti 1.676 peserta  darinperwakilan 34 provinsi. 

Jumlah peserta tersebut akan mengikuti 8 cabang lomba. Kedelapan cabang lomba tersebut adalah cabang Seni Baca Al-Qur'an, Hafalan Al-Qur'an, Tafsir Al-Qur'an, Syarhil Qur'an, Kaligrafi, Qiraat Al Qur'an, Fahmil Qur'an dan cabang Karya Tulis Al-Qur'an (KTIQ). 

Penulis : rian akhmad/ may
Kalsel
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya