Ganggu Jarak Pandang, Tiang PJU Perempatan Lambung Mangkurat Bakal Dibongkar

hallobanua.com, BANJARMASIN- Tiang lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) yang berada di perempatan Jalan Lambung Mangkurat, Banjarmasin Tengah, rencananya bakal dibongkar oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Banjarmasin. 

Pasalnya, keberadaan tiang PJU itu dianggap mengganggu jarak pandang hingga berakibat terhadap keselamatan para pengendara yang melintasi jalan tengah kota itu. 

"Tiang PJU di sana akan kita hilangkan. Karena kami nilai tiang itu kurang pas untuk jarak pandang pengendara, dan cukup mengganggu," ujar Kepala Bidang (Kabid) Rekayasa Lalulintas, Dishub Kota Banjarmasin, Febpry Ghara Utama. 

Febpry menjelaskan, keputusan untuk membongkar tiang tersebut tidak hanya berasal dari kajian pihaknya saja. Namun, dari kesepakatan bersama dari hasil forum lalulintas yang dilakukan pihaknya belum lama tadi bersama stakeholder terkait. 

"Dan di dalam forum, banyak yang mengusulkan agar tiang PJU di tengah perempatan itu digeser atau dipindah lokasinya. Intinya jangan ada tiang di tengah jalan untuk keselamatan pengguna jalan," ujarnya. 

Akan tetapi, sampai saat ini kata dia memang belum ada laporan pengendara yang tertabrak bundaran kecil tersebut. 

Namun, ketika keberadaan bundaran tiang PJU itu dinilai menghalangi jarak pandang pengendara, pihaknya pun wajib untuk menindaklanjutinya. 

"Ini bentuk antisipasi, jangan sampai ada kejadian dulu baru kita bergerak untuk memindah tiang ini," tuturnya. 

Sementara itu, Kepala UPTD Penerangan Jalan Umum (PJU) Kota Banjarmasin, Cahyadi menuturkan, tiang PJU dengan panjang 18 meter itu rencananya akan dipindah ke kawasan Ruang Terbuka Hijau (RTH) atau Taman Kamboja. 

"Titik pemindahannya itu di dekat Kantor Lurah Kertak Baru Ulu," ujarnya. 

Lokasi itu kata dia cocok sebagai titik relokasi, karena kawasan tersebut sering dipakai menjadi tempat penyelenggaraan berbagai event besar di malam hari. Seperti contoh Pasar Wadai Ramadhan beberapa bulan yang lalu. 

"Kebetulan, di kawasan RTH Kamboja itu penerangannya kurang. Sehingga diharapkan relokasi PJU ini akan menambah penerangan di sana," pungkasnya. 

Nantinya, tak hanya tiang lampu PJU dipindah ke kawasan Taman Kamboja itu. Tapi juga beserta 4 buah lampu sorot yang terpasang di tiang PJU tersebut. 

Penuli : Rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya